Follow Us

Fenomena Netizen Pasang Pasfoto Idol Korea di Surat Suara, Ini Kata Pakar

Annisa Putri Salsabila - Jumat, 11 Desember 2020 | 11:12
Tangkapan layar hasil pengawasan pemungutan suara pada kanal YouTube Bawaslu RI. Bawaslu dalam paparannya di antaranya menemukan tempelan gambar pada kolom kosong surat suara.
(Dok.Bawaslu RI)

Tangkapan layar hasil pengawasan pemungutan suara pada kanal YouTube Bawaslu RI. Bawaslu dalam paparannya di antaranya menemukan tempelan gambar pada kolom kosong surat suara.

HAI-Online.com- Foto diri dan diduga potret artis dari Korea Selatan tampak menempel di surat suara pasangan calon Pilkada 2020.

Hal tersebut ditemukan oleh Bawaslu Kabupaten Kediri pada Rabu (9/12/2020).

Foto dan potret tersebut ditempel di kotak kosong yang bersanding dengan gambar pasangan calon Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa.

Baca Juga: Rumit Banget! Seorang Pembeli Bikin Soal Ujian Fisika Pas Mau Beli Termos di Olshop

Pilkada Kabupaten Kediri emang diikuti pasangan calon tunggal dan bertarung dengan kotak kosong.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Kabupaten Kediri Ali Mashudi mengatakan, pasfoto yang diduga milik seorang warga itu ditemukan di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Kecamatan Kandangan.

"Sedangkan untuk yang mirip artis Korea ditemukan di salah satu TPS di Kecamatan Plemahan," ujar Ali seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (9/12/2020).

Surat suara yang ditempel foto itu ditemukan petugas TPS saat melakukan penghitungan suara.Lantas, apa sebab hal itu bisa terjadi?

Baca Juga: Lazada 12.12 Garbolnas Nggak Cuma Banjir Diskon, Hadiah Juga Bejibun!

Fenomena menarik

Sosiolog dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Drajat Tri Kartono menyebut, terjadinya hal tersebut adalah suatu fenomena yang menarik. Menurutnya, saat ini merupakan era di mana masyarakat komunikatif mulai berkembang.Terlebih, mulai dikenalnya internet oleh masyarakat luas, membuat otonomi atau hak semakin ada di tangan masing-masing orang.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest