Follow Us

70 Musisi Terlibat Lagu #20DetikCuciTangan, Hasil Rekaman Dibuat dalam Piringan Hitam, Ini Tujuannya!

Al Sobry - Kamis, 03 Desember 2020 | 16:05
70 Musisi Terlibat Lagu #20DetikCuciTangan, Hasil Rekaman Dibuat dalam Piringan Hitam, Ini Tujuannya!
Hw

70 Musisi Terlibat Lagu #20DetikCuciTangan, Hasil Rekaman Dibuat dalam Piringan Hitam, Ini Tujuannya!

Yap, demi lagu singkat ini, 70 musisi bergabung menunjukkan sisi kreatif mereka untuk kompak terlibat mendonasikan lagu inspirasif dua luluh detik itu.
"Ini adalah salah satu cara mengedukasi masyarakat Indonesia dengan menyentuh rasa mereka. Salah satunya lewat musik," ujar Dhani Hargo, salah satu inisiator gerakan #20DetikCuciCorona dalam press konferensi, Rabu (2/12/2020).

10 detik cuci tangan

10 detik cuci tangan

Sebagai informasi, mencuci tangan yang benar adalah dengan menggunakan sabun selama 20 detik.

Tak perlu ribet menghitung durasi selama membersihkan tangan, pasalnya dengan ditemani musik ini, masyarakat bisa melakukannya tanpa beban.

Menurut Dhani, seperti dikutip dari Kompas.com, komunikasi lewat musik bakal lebih efektif untuk visa diterima di masyarakat Indonesia.

Komunikasi lewat musik membuat pesan-pesan rumit menjadi lebih sederhana, membumi dan menyenangkan.

Baca Juga: Alasan Oscar 2021 Batal Digelar Virtual tapi Tatap Muka Langsung di Dolby Theatre

Nah, yang juga seru lagu hasil karya tujuhpuluh musisi ini nantinya dikumpulkan dalam playlist di beberapa platform digital agar bisa didengarkan masyarakat sambil jadi penghitung waktu dan menemani masyarakat mencuci tangan dengan tepat, benar dan lebih menyenangkan.

Selanjutnya, pada Desember ini lagu #20DetikCuciTangan itu juga bakal masuk ke dalam pengarsipan yang sengaja dibuat dalam bentuk piringan hitam atau vinyl.

"Kita yakin musisi karena kecintaannya akan musik pasti akan menjaga (piringan hitam). Kalau nggak salah vinyl awet sampai 100 tahu, itu kalau nggak dirawat, kalau dirawat bisa sampai 500 tahun," kata Dhani.

Perwakilan Pihak Irama Nusantara, Renovan Reza mengucap terima kasih atas kepercayaannya untuk memberikan piringan hitam untuk diarsipkan.

Dia menilai menyimpan playlist lagu gerakan #20DetikCuciCorona dalam satu piringan hitam itu merupakan ide yang sangat out of the box.

"Ini sangat-sangat spesial, terimakasih kepercayaannya untuk memberikan piringan hitam ini untuk diarsipkan di Irama Nusantara. Semoga menjadi saksi sejarah mungkin yah, mungkin sekarang belum jadi apa-apa. Berapa puluh tahun ke depan bisa jadi ini fenomena yang cukup menggemparkan," tutur Reno.

Jika lagunya bakal disimpan baik-baik di vinyl, makna lagunya pun harua diikuti dengan sungguh-sungguh ya biar membantu pengendalian Covid-19, biar cepat kembali normal. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest