Follow Us

Corona Terdeteksi di Air Limbah, Mamalia Laut Imut dan Friendly Ini Berpotensi Kena Covid-19

Bagas Rahadian - Selasa, 17 November 2020 | 11:44
Ilustrasi bayi anjing laut.
Shutterstock

Ilustrasi bayi anjing laut.

HAI-Online.com - Sebuah studi yang dilakukan oleh Dalhousie University menyebut jika beberapa mamalia laut berpotensi tertular Covid-19 melalui air limbah yang masuk ke habitat mereka.

Seperti dikutip dari Phys, Senin (16/11/2020) virus corona sempat terdeteksi di air limbah tak diolah yang ditemukan di Spanyol, Italia, dan Prancis.

Jika air limbah yang tak diolah dengan baik itu langsung dibuang ke laut, maka ada kekhawatiran akan menyebabkan penularan pada mamalia laut.

Baca Juga: Heboh Cerpelai Bisa Tularkan Corona ke Manusia, Jutaan Hewan Ini Dimusnahkan

Kekhawatiran ini juga nggak tanpa sebab. Dengan menggunakan pemetaan genomik, peneliti mengamati asam amino yang mengikat virus dan menemukan ada kemiripan yang mencolok antara manusia dan beberapa mamalia laut.

Hal ini pun membuat spesies tertentu mamalia laut rentan tertular covid-19 dan terancam punah.

Tim peneliti kemudian menemukan setidaknya 15 spesies mamalia rentan terhadap infeksi virus corona.

Termasuk di di antaranya adalah paus, anjing laut, lumba-lumba, paus beluga, dan berang-berang laut.

"Banyak dari spesies tersebut terancam atau sangat terancam punah," ungkap Graham Dellaire, direktur penelitian di Departemen Patologi Dalhouie University.

Para peneliti juga memperkirakan bahwa mayoritas spesies paus, lumba-lumba, dan porpoise memiliki kerentanan yang sama atau lebih tinggi terhadap virus seperti manusia.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest