Follow Us

Heboh Cerpelai Bisa Tularkan Corona ke Manusia, Jutaan Hewan Ini Dimusnahkan

Al Sobry - Selasa, 10 November 2020 | 12:39
Heboh Cerpelai Bisa Tularkan Corona ke Manusia, Jutaan Hewan Ini Dimusnahkan
BirdImages

Heboh Cerpelai Bisa Tularkan Corona ke Manusia, Jutaan Hewan Ini Dimusnahkan

Melansir informasi resmi WHO, virus corona yang ditemukan di cerpelai punya kombinasi mutasi atau perubahan yang belum pernah diamati sebelumnya.

Meski begitu, diperlukan studi ilmiah berbasis laboratorium lebih lanjut untuk memverifikasi temuan awal yang dilaporkan ini.

Studi tersebut juga bertujuan memahami implikasi potensial dalam hal diagnostik, terapeutik, dan vaksin yang kini sedang dikembangkan.

Tetapi, ditemukan pula beberapa hewan yang terinfeksi virus corona seperti anjing, kucing, singa, harimau, dan cerpelai.

Cerpelai dapat bertindak sebagai reservoir SARS-CoV-2, menyebarkan virus di antara populasinya, menimbulkan risiko penyebaran virus dari cerpelai ke manusia.

Saat virus berpindah antara populasi manusia dan hewan, modifikasi genetik pada virus dapat terjadi.

Menurut WHO, sejauh ini enam negara melaporkan virus coorna pada peternakan cerpelai, yaitu Denmark, Belanda, Spanyol, Swedia, Italia, dan Amerika Serikat.

Atas pemusnahan ini, pemerintah berjanji memberikan kompensasi bagi peternak cerpelai.

"Saya kira tidak ada profesi ternak cerpelai di masa depan. Saya berharap pemerintah memiliki bukti atas klaim mereka, dan membuktikan bahwa itu adalah keputusan yang tepat," kata Frank Andersen, salah satu peternak cerpelai di Denmark. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest