Follow Us

Huru-hara Wacana Boikot, Ini Deretan Merek dan Produk Terkemuka Prancis di Indonesia

Al Sobry - Minggu, 01 November 2020 | 12:16
Huru-hara Wacana Boikot, Ini Deretan Merek dan Produk Terkemuka Prancis di Indonesia
NIHARIKA KULKARNI

Huru-hara Wacana Boikot, Ini Deretan Merek dan Produk Terkemuka Prancis di Indonesia

HAI-Online.com - Tidak hanya tas dan sepatu branded, kehebohan wacana memboikot produk-produk Perancis di Indonesia sudah sampai ke level produk kebutuhan sehari-hari di minimarket.

Beberapa lokasi minimarket terkemuka sudah melakukan hal tersebut dengan menutup display produk dari air mineral sampai ke susu bayi/anak, semua itu dilakukan untuk ikut menyuarakan protes ke pihak Prancis.

Buat yang belum tahu, seruan embargo ini dipicu dari pernyataan kontroversial Presiden Perancis Emmanuel Macron yang dianggap telah menghina agama Islam.

Baca Juga: Bukan Cuma Khabib Nurmagomedov, Warga Medan pun Ikut Injak Poster Presiden Prancis Emmanuel Macron

Nggak sedikit umat muslim yang tergerak untuk melakukan hal tersebut sebagai bentuk protesnya. Apalagi Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah menyerukan pemboikotan semua produk Perancis sebagai peringatan keras ke pemerintah Prancis.

Buat yang ingin ikut memboikot, sebaiknya jangan asal ikut-ikutan apalagi sampai salah target. Buat yang tidak, informasi ini dapat dijadikan sumber pengetahuan bahwa di Indonesia, produk asal Perancis termasuk salah satu yang paling mendominasi di antara negara-negara Eropa lainnya. Pada tahun lalu saja, ekspor Perancis ke Indonesia mencapai 1,8 miliar dollar AS.

Saking besarnya ketergantungan Indonesia pada produk Perancis, neraca perdagangan Indonesia dengan Perancis selalu minus atau defisit sejak beberapa tahun terakhir.

Pada tahun 2012, Indonesia bahkan pernah mencatatkan defisit perdagangan dengan Perancis sebesar 796 juta dollar AS.

Berikut ini deretan merek terkemuka Perancis di Indonesia:

1. Danone

Danone merupakan perusahaan multinasional yang berbasis di Paris, Perancis. Produk utamanya yakni berbagai kebutuhan rumah tangga yang sangat lekat dengan kehidupan sehari-hari.

Di Indonesia, Danone adalah pengendali saham PT Tirta Investama yang memproduksi minuman air mineral, Aqua.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest