Follow Us

Aroma Kentut Punya Bau yang Khas? Kenali 5 Tipe Kentut dan Arti Kesehatannya

Dok Grid - Rabu, 06 September 2023 | 15:29
Ilustrasi kentut
Shutterstock

Ilustrasi kentut

HAI-Online.com - Buang angin atau kentut adalah hal yang normal. Kentut adalah gas yang dihasilkan tubuh sebagai bagian dari sistem pencernaan dan proses makanan.

"Gas dan udara menumpuk di saluran pencernaan ketika kita makan, mengunyah dan menelan. Sebagian diserap secara alami oleh tubuh kemudian dilepaskan sebagai kentut atau sendawa."

Demikian diungkapkan oleh Ahli penyakit dalam dan gastroenterologi di New York City, Niket Sonpal, MD, seperti dilansir Health.

Baca Juga: Nggak Cuma Imun Tubuh, Kesehatan Hati Juga Perlu Dijaga dengan Curcuma dan Lada Hitam

Kentut adalah hal yang baik, karena penumpukan gas dapat menyebabkan rasa kembung yang nggak nyaman.

Namun, bukan berarti kita bisa sepenuhnya mengabaikan kentut yang dikeluarkan. Beberapa aspek seperti frekuensi dan bau ternyata bisa menjadi tanda kondisi kesehatan tertentu.

Berikut enam tipe kentut yang perlu kamu perhatikan dan arti kesehatan di baliknya.

1. Banyak kentut dan sembelit

Mengonsumsi banyak serat memang baik. Namun, kentut yang sesuai dengan deskripsi beriku mungkin ngasih tahu ke kamu, kalo kamu makan terlalu banyak serat.

“Makan serat berlebihan bisa menyebabkan gas, kembung, kram, dan, secara paradoks, mengakibatkan sembelit,” kata Dr. Sonpal. Lho, mengapa demikian?

Serat bisa bikin tinja jadi solid. Kalo tubuh mencerna terlalu banyak, gerakan usus bisa menjadi sulit untuk mengeluarkannya.

Untuk memperlancarnya dan menghentikan gas, minumlah lebih banyak air dan tingkatkan atau kurangi asupan serat secara perlahan.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest