Follow Us

Sehari Bisa Berkali-kali, Ternyata ini 4 Kondisi yang Sebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Annisa Putri Salsabila - Senin, 15 Juni 2020 | 17:00
Kandungan Senyawa dalam Kentut Mengandung Kimia yang Mematikan Sel Kanker
Fartday

Kandungan Senyawa dalam Kentut Mengandung Kimia yang Mematikan Sel Kanker

Hai-Online.com- Setiap orang bisa kentut sebanyak 5 sampai 15 kali setiap hari. Kentut termasuk bagian normal dari proses pencernaan dan merupakan hasil dari aktivitas bakteri di dalam saluran pencernaan.

Sering kentut atau flatulensi emang bisa bikin orang salah tingkah dan nggak nyaman. Tapi kondisi ini juga bisa menandakan gejala gangguan medis. Seseorang dikatakan terlalu sering kentut kalo dia buang gas lebih dari 20 kali dalam sehari.

Baca Juga: Udah Terbukti Lewat Penelitian, Orang yang Selingkuh, Nantinya Bakal Selingkuh Lagi!

Nah, apa lo termasuk salah satunya? Beberapa kondisi di bawah ini mungkin bisa menjelaskan mengapa seseorang terlalu sering kentut:

1. Perubahan pola makan

Perubahan pola makan bisa bikin sering kentut. Misalnya, jadi vegetarian, menghindari konsumsi kelompok makanan tertentu, atau menambahkan jenis suatu makanan ke menu makan sehari-hari.

Biasanya, gejala sering kentut bakal berkurang setelah tubuh beradaptasi dengan pola makan baru tersebut.

2. Konsumsi makanan tertentu

Beberapa jenis makanan menghasilkan gas lebih banyak dalam saluran pencernaan. Jenis makanan yang nimbulin gas biasanya karbohidrat.

Salah satunya adalah ubi jalar. Ubi jalar kerap dikaitkan dengan kondisi lebih sering kentut setelah mengonsumsinya. Pasalnya, ubi jalar mengandung glukosa bernama mannitol yang punya efek pencahar.

Baca Juga: Benarkah Film Captain America Prediksi Kehadiran Virus Corona? Ternyata Ini FaktanyaSebagai akibatnya, produksi gas di lambung bakal berlebih disertai dengan peningkatan frekuensi buang gas. Sementara protein nggak bikin sering kentut.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular