Follow Us

Dokter Ini Tangani 2 Pasien Gagal Ginjal di Usia 20 Tahun, Penyebabnya Nggak Doyan Air Putih

Annisa Putri Salsabila - Minggu, 04 Oktober 2020 | 19:15
tangkapan layar dari twitter, yang memperlihatkan gambaran rontgen dari seorang pasien yang alami gagal ginjal karena disebabkan nggak doyan air putih
twitter.com

tangkapan layar dari twitter, yang memperlihatkan gambaran rontgen dari seorang pasien yang alami gagal ginjal karena disebabkan nggak doyan air putih

HAI-Online.com- Gagal ginjal adalah kumpulan gejala-gejala yang muncul pada saat ginjal nggak bekerja sesuai dengan fungsinya.

Kalo ginjal ini sampai nggak berfungsi sebagaimana seharusnya, zat-zat beracun yang merupakan produk kotor dari proses metabolisme pun bisa menumpuk di dalam tubuh.

Baca Juga: Pernah Ngerasain Haus Terus Menerus? Simak 9 Penyebab Kenapa Dahaga Nggak Kunjung Hilang

Sebagai akibat, cairan tubuh bakal menahan air di dalam tubuh. Penderita kemudian akan terlihat lebih gemuk dan tekanan darah dapat meningkat.

Nggak cuman itu, produksi sel darah merah di dalam tubuh juga bisa berkurang, sehingga menyebabkan gejala kurang darah.

Melansir Buku Mengenali Keluhan Anda: Info Kesehatan Umum untuk Pasien (2013) oleh Dr. Ayustawati, PhD, kondisi gagal ginjal bisa terjadi secara tiba-tiba (akut) atau sebagai bagian dari proses yang panjang (kronis).

Baca Juga: Tomita Kosei, 'Seiyuu' Doraemon Pertama Meninggal Dunia Karena Stroke!

Penderita gagal ginjal biasanya perlu pengobatan cuci darah dan cangkok ginjal untuk bisa terus melanjutkan hidup.

Nah, baru-baru ini ada pengakuan seorang dokter yang viral di twitter, dimana dia nge-tweet disertakan dengan foto rontgen kardiomegali dengan disertai tulisan sebagai berikut:

"Seminggu ini udah ketemu 2 pasien wanita muda awal 20an sudah gagal ginjal yang bikin gagal jantung. Setelah diulik lebih lanjut hobi minum manis kemasan dan tdk suka air putih. Sayangi ginjalmu. Minum air putih yg cukup, jangan smp justru tdk boleh minum krn sudah gagal ginjal"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest