Follow Us

Viral Video Mobil Alphard Penyok Cuma Gegara Nabrak Sepeda, Ternyata Ini Faktanya

Bagas Rahadian - Jumat, 25 September 2020 | 20:00
Video Toyota Alphard yang penyok nabrak sepeda
instagram.com/mobilngakak

Video Toyota Alphard yang penyok nabrak sepeda

HAI-Online.com - Warganet baru-baru ini heboh sama video yang memperlihatkan pemandangan 'janggal', yakni sebuah mobil Toyota Alphard yang body-nya penyok hanya karena menabrak sebuah sepeda.

Video berdurasi 25 detik yang diunggah oleh akun instagram @mobilngakak itu memperlihatkan roda sepeda yang tampak masih utuh menempel pada badan Toyota Alphard yang justru tampak penyok parah.

Melihat hal tersebut, warganet berspekulasi bahwa body mobil jaman sekarang dan semewah Toyota Alphard sekalipun lebih mudah penyok walau hanya dengan terbentur sedikit.

Nah, sebelum pada nethink sama kualitas mobil jaman sekarang, diketahui bahwa bagian mudah penyok itu merupakan desain yang disengaja pada sistem keselamatan sebuah mobil.

Sebab, sebagaimana melansir dari Kompas.com, diketahui memang ada bagian mobil yang sengaja dirancang untuk menyerap benturan saat terjadinya tabrakan.

“Bagian depan dan belakang mobil adalah bagian yang rawan benturan dan paling sering penyok,” terang Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi, mengutip Kompas.com.

Baca Juga: Belum Terima Kuota Belajar Kemendikbud Padahal Udah Daftar? Jangan Khawatir, Mungkin Ini Sebabnya

Pada bagian tersebut, lanjut Didi, body mobil didesain dengan sistem keselamatan pengemudi dan penumpang dari risiko fatal, saat terjadinya benturan atau yang biasa disebut dengan zona tumbuk alias crumple zone.

Zona tumbuk alias crumple zone merupakan area di mana kendaraan didesain untuk mengerucut dan mudah berubah bentuk saat tabrakan.

Dengan begitu, energi akan terserap dan mengurangi efek tabrakan yang bisa menyebabkan cedera fatal pada manusia di kabin.

Cara yang benar mengetahui kuat atau tidaknya mobil terhadap benturan adalah dari struktur rangkanya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Video Viral Alphard Penyok Menabrak Sepeda, Ini Penyebabnya"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest