Follow Us

Belum Terima Kuota Belajar Kemendikbud Padahal Udah Daftar? Jangan Khawatir, Mungkin Ini Sebabnya

Bagas Rahadian - Jumat, 25 September 2020 | 15:00
ilustrasi belajar online
kompas.com

ilustrasi belajar online

HAI-Online.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) mulai membagikan subsidi kuota internet untuk peserta didik dan tenaga pengajar di seluruh Indonesia mulai September ini.

Mengutip Kompas.com, penyaluran kuota internet gratis ini akan dilakukan secara bertahap selama empat bulan ke depan.

Mulai September hingga Desember, pembagian bertahap di tiap bulannya mencakup tahap I yakni di tanggal 22-24, dan tahap 2 di tanggal 28-30.

Peserta didik maupun tenaga pengajar yang udah mendaftarkan sekolah/kampus masing-masing bakal dikabarkan via SMS bahwa subsidi kuota telah diterima dan bisa digunakan.

Lantas, gimana kalo kalian belum menerima kuota internet gratis, padahal udah mendaftarkan nomor ponsel ke sekolah/kampus masing-masing?

Menurut Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud, Evy Mulyani, ada dua kemungkinan mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Pertama, nomor ponsel peserta didik atau tenaga pendidik bisa jadi masih dalam proses verifikasi dengan operator seluler terkait.

So, mereka perlu menunggu kuota tersebut dibagikan di tahap kedua, jika tahap pertama udah lewat.

Baca Juga: Tren Pinjam Buku Digital untuk Belajar Online, Pelajar Tinggal Simpan di Gadget Pribadi

"Kemungkinan (penerima) masih dalam tahap verfikasi kebenaran nomor ponsel bersama dengan operator," kata Evy, mengutip KompasTekno.

Kemungkinan kedua, lanjut Evy, adalah karena instansi pendidikan belum memberikan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) kepada Kemendikbud.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest