Follow Us

Makin Ramai Yang Hobi Gowes, Pemprov DKI Jakarta Usulin Agar Sepeda Bisa Masuk Tol?

Bagas Rahadian - Kamis, 27 Agustus 2020 | 14:57
Presiden Jokowi genjot Sepeda Unik Ciptaan Anak Bangsa yang Diluncurkan Tepat di Hari Kemerdekaan RI.
Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden via Tribunnews.com

Presiden Jokowi genjot Sepeda Unik Ciptaan Anak Bangsa yang Diluncurkan Tepat di Hari Kemerdekaan RI.

HAI-Online.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kabarnya mengusulkan agar ruas jalan tol lingkar dalam dibuka untuk para pesepeda.

Melansir Kompas.com,dalam suratnya kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 11 Agustus lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar satu ruas jalan tol lingkar dalam Jakarta (Cawang-Tanjung Priok) dibuka untuk pesepeda setiap hari Minggu dari pukul 06.00 sampai dengan 09.00.

Surat itu juga menyinggung soal peningkatan volume pesepeda setiap minggunya yang menjadi dasar diusulkannya aturan tersebut.

Diketahui, volume tertinggi terdapat pada pekan ke-tujuh, yakni dari tanggal 20 sampai 26 Juli 2020 dengan 82.380 banyaknya pesepeda.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan DKI menjelaskan, jika kelak disahkan, aturan ini kabarnya akan terlebih dulu dikhususkan bagi sepeda jenis road bike.

Baca Juga: Nadiem Kaget Mahasiswa Wajib Militer, Mengaku Bukan Program dari Kemendikbud

"Mereka pada saat bersepeda itu (kecepatan) tinggi, kemudian mereka bergerombol berkelompok. Dan tentu jika ini difasilitasi bersamaan dengan warga lainnya tentu akan tetap memengaruhi terhadap aspek keselamatan pengguna sepeda lainnya," kata dia.

Sementara, dalam pengaplikasiannya, jalur sepeda yang diusulkan di tol dalam kota dibatasi dengan traffic cone (kerucut jalan).

Cone ini akan dipasang pada hari Minggu setiap pukul 06.00 - 09.00 WIB.

"Akan ada cone disiapkan. Tidak (ditutup semua jalan). Ditutup satu jalur itu," terang Syafrin. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest