Follow Us

Nadiem Kaget Mahasiswa Wajib Militer, Mengaku Bukan Program dari Kemendikbud

Annisa Putri Salsabila - Kamis, 27 Agustus 2020 | 14:00
Nadiem Makarim
DOK. MENDIKBUD

Nadiem Makarim

HAI-Online.com- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim ngaku dirinya kaget dengan munculnya isu wajib militer untuk mahasiswa di perguruan tinggi.

Menurut Nadiem, Kemendikbud nggak pernah membahas soal wajib militer dengan pihak manapun.

"Ini buat saya kaget waktu saya mendengar, ini isu juga baru saya dengar, karena beberapa diskusi yang sebelumnya sudah terjadi itu bukan mengenai wajib militer sama sekali, malah itu berhubungan dengan kampus merdeka," kata Nadiem saat live Instagram bersama Deddy Corbuzier, Rabu (26/8).

Baca Juga: Wacana Wamil untuk Mahasiswa Indonesia Dilaksanakan dalam Satu Semester, Banyak yang Kurang Setuju

Nadiem mengatakan, program yang disiapkan bagi mahasiswa saat ini adalah mengikuti pelatihan militer secara sukarela, bukan wajib. Menurut Nadiem, program ini bisa diikuti oleh mahasiswa yang mau selama satu semester.

"Mahasiswa secara voluntary kalau ingin mengikuti satu semester misalnya pelatihan perwira atau officer training, buat military, leadership military school, kalau di Amerika itu namanya West Point, program buat officer," ucap Nadiem.

Menurut Nadiem, sejalan dengan kebijakan Kampus Merdeka, pihaknya ngasih kebebasan untuk para mahasiswa mengambil program di luar kampus.

Meski begitu, dirinya menilai akan sangat baik kalo ada mahasiswa yang ingin mengikuti program pelatihan militer.

Baca Juga: Kuliahnya Mabar Nggak Ya? Ini 5 Universitas di Indonesia yang Punya Jurusan Khusus Gamers

"Sebagai kemerdekaan buat mahasiswa bisa memilih saya mau dong satu semester, mau dia masuk militer atau tidak itu masalah lain, tapi kalau dia mau mengikuti program itu selama satu semester, menurut saya itu sangat baik, itu opini saya," kata Nadiem.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertahanan Wahyu Trenggono mengatakan, rencananya mahasiswa bisa ikut pendidikan militer selama satu semester.

Kemenhan dan Kemendikbud sedang menjajaki agar para mahaswa bisa ikut Program Bela Negara. Nantinya, kata Trenggono, hasil dari pendidikan tersebut akan dimasukan ke dalam Satuan Kredit Semester

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mendikbud Kaget Ada Program Wajib Militer Untuk Mahasiswa, Nadiem Mengaku Tak Pernah Membahas

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest