Follow Us

4 Album Indonesia yang Disebut Paling Terbaik, Mana Favorit Lo?

Alvin Bahar - Kamis, 27 Agustus 2020 | 10:59
Album-album Indonesia paling terbaik.
HAI

Album-album Indonesia paling terbaik.

HAI-ONLINE.COM - Elevation Books baru saja merilis buku “This Album Could Be Your Life”. Buku tersebut memilih 50 album Indonesia yang disebut terbaik, dari kurun waktu 1955-2015.Salah satu alasan Elevation Books merilis buku ini adalah, jarangnya narasi tentang album-album terbaik di Indonesia. Kebanyakan hanya dibicarakan, minim yang diabadikan dalam format tulisan.Benar. Ketika kami mencari daftar album Indonesia terbaik yang nggak cuma dinilai secara tahunan, HAI hanya menemukan empat.So, kami merangkum 4 album Indonesia yang disebut paling terbaik dari daftar tersebut. Mana favorit lo? Atau malah punya daftar sendiri?

Baca Juga: Pandemi Gini Ternyata Bisa Jadi Kesempatan Tingkatin Skill Supaya Punya Penghasilan Tambahan, Ini Caranya1. Chrisye, Eros Djarot, dkk - Badai Pasti Berlalu (1977)

Ost Badai Pasti Berlalu
Kaset Lalu

Ost Badai Pasti Berlalu

Rolling Stone Indonesia (RIP) pernah memuat daftar 150 album musik Indonesia terbaik sepanjang masa yang diterbitkan dalam majalah edisi #32 Desember 2007Album soundtrack Badai Pasti Berlalu menduduki peringkat teraas. Daftar ini digodok dan disusun oleh empat kontributor Majalah Rolling Stone Indonesia, yaitu Denny MR (wartawan senior), Denny Sakrie (pengamat musik senior dan kolektor musik), David Tarigan (pendiri Aksara Records, kolektor musik) dan Theodore KS (pengamat musik senior).

2. Various Artist - JKT: SKRG (2005)

40 album Indonesia terbaik 1997-2007
HAI

40 album Indonesia terbaik 1997-2007

Media kesayangan lo ini pernah juga bikin daftar album Indonesia terbaik. Bertajuk 40 album Indonesia terbaik 1997-2007, yang terbit di HAI nomor 49/XXXI/2007, HAI memilih kompilasi Aksara Records ini sebagai salah satu album paling terbaik, karena sebenarnya daftarnya nggak dikasih peringkat.

3. Guruh Gipsy - Guruh Gipsy (1976)

Guruh Gipsy - Guruh Gipsy (1976)

Guruh Gipsy - Guruh Gipsy (1976)

Dalam artikel 10 album Indonesia terbaik sepanjang masa, Supermusic memilih karya satu-satunya dari Guruh Gipsy ini di peringkat teratas."Di tahun tersebut, blantika musik Indonesia bisa dibilang cenderung kiblat ke arah negara-negara Barat. Di sinilah Guruh bersama teman-temannya muncul dengan album Guruh Gipsy yang memadukan unsur modern dan tradisional Indonesia. Di album ini, tradisi musik Bali pun dipilih sebagai fondasi untuk karya musik yang berbeda dari biasanya," alasannya.

4. Theory of Discoustic - La Marupè (2018)

Theory of Discoustic - La Marupè (2018)
-

Theory of Discoustic - La Marupè (2018)

Vice Indonesia pernah merilis daftar album Indonesia terbaik sedekade terakhir (2010-2019) dan memilih karya band asal Sulawesi Selatan ini di puncak."Kekayaan sound yang mereka hadirkan mengkompensasi pendengar yang mungkin tak punya keterikatan pada sejarah dan tradisi Bugis. Ada banyak warna, imaji, dan sensasi yang pendengar dapatkan dari album ToD ini," kata Vice.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest