Follow Us

Tiara Anak Buruh Bangunan Berhasil Kuliah di UGM, Nggak Pake Tes dan Kuliah Gratis!

Annisa Putri Salsabila - Kamis, 13 Agustus 2020 | 16:46
Tiara Yosianti Solekhah (17) anak buruh bangunan yang diterima kuliah gratis di UGM.
Tribunnews.com

Tiara Yosianti Solekhah (17) anak buruh bangunan yang diterima kuliah gratis di UGM.

HAI-Online.com- Senyum tipis mengembang dari sudut bibir Tiara Yosianti Solekhah saat disambangi di kediamannya Klitren Lor GK/III Nomor 353 RT 09, RW 03, Klitren, Gondokusuman, Yogyakarta Kamis (13/8/2020).

Gadis berkacamata jadi sorotan karena prestasinya yang mampu menembus Universitas Gadjah Mada (UGM) tanpa jalur tes. Mimpinya untuk bisa mengeyam pendidikan tinggi kini terjawab.

Ia diterima di Program Studi Statistika FMIPA UGM lewat jalur SNMPTN peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang menggratiskan biaya kuliah selama delapan semester.

Program ini menyasar siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung secara ekonomi.

Baca Juga: Kabar Baik, Mahasiswa dan Pelajar di Kaltim Dapet Paket Data Internet Gratis 6 Bulan

Di rumah sederhana peninggalan kakeknya, Tiara dan orang tua mesti berbagi tinggal dengan dua keluarga lain dari saudara ayahnya.

Kondisi yang demikian nggak bikin dia patah semangat, motivasinya untuk bisa memperoleh pendidikan tinggi udah tertanam di benaknya.

"Saya bangga dan senang. Karena Tiara dari SD sampai SMA memang berprestasi. Dia nggak pernah ketinggalan pelajaran, semangat belajarnya tinggi memang di tengah keterbatasan seperti ini," ucap Sumiyati (61) ibu Tiara saat mendampingi.

Sumiyati menyebut, dirinya juga bersyukur Tiara bisa membuktikan kapasitas dirinya.

Baca Juga: Cek Sekarang, Pengumuman SBMPTN 2020 Digelar 14 Agustus, Berikut Link-nyaDengan kuliah dan menempuh pendidikan tinggi, dia berharap anaknya bisa merubah nasib. Cerita lain mungkin berbeda andai Tiara nggak masuk UGM tahun ini.

"Ya mungkin saya suruh kerja dulu, kumpulin uang. Nanti kalau sudah cukup baru kuliah. Karena jujur memang biaya tidak ada," ujarnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular