Follow Us

Terungkap Kenapa Hanya Ada 10 Persen Orang Kidal di Dunia, Berikut Penjelasannya

Annisa Putri Salsabila - Senin, 10 Agustus 2020 | 16:03
ilustrasi main gitar pake tangan kiri alias kidal
google

ilustrasi main gitar pake tangan kiri alias kidal

Hai-online.com- Apakah lo termasuk golongan kidal? Kalo iya, berarti lo termasuk satu dari 10 persen populasi kidal di dunia.

Suda sejak lama, para ilmuwan mencoba menganalisis dan menemukan penyebab seseorang menjadi kidal, dan sampai saat ini, hipotesisnya sangat beragam.

Banyak ilmuwan meyakini kalo kidal disebabkan oleh kondisi genetik.

Baca Juga: Musisi Berkarya Saat Pandemi, Nikmati 5 Konser Virtual dari Rumah di Bulan Agustus Ini

Namun, sebelumnya harus diingat kalo kidal nggak cuman hanya berhubungan dengan tangan, tetapi juga kaki dan bagian-bagian tubuh lainnya.

Mengutip Science Alert, Senin (10/8/2020), penggunaan tubuh bagian kiri ini bisa terjadi mulai dari kaki sampai telinga, mata, bahkan otak.

Tanpa disadari, kita cenderung menerima telepon menggunakan satu telinga dibanding telinga satunya. Begitu pula organ tubuh lainnya.Lalu, mengapa populasi orang kidal hanya 10 persen? Mengapa perbandingan dengan orang yang nggak kidal bukan 50-50? Beberapa ahli berpendapat kalo kerja sama sosial yang berlangsung selama ribuan tahun telah memberikan pengaruh yang dominan.

Dalam artian ketika sebuah komunitas bekerja sama, berbagi alat dan ruang, mereka menggunakan tangan yang sama dengan temannya.

Peneliti lainnya mengatakan kalo hal tersebut berkaitan dengan cara kerja otak yang dibagi menjadi dua: kiri dan kanan.

Separuh otak mengendalikan sisi kiri tubuh, dan separuh lainnya mengendalikan sisi kanan. Jika mayoritas manusia menggunakan otak bagian kiri untuk mengontrol bahasa dan keterampilan motorik, maka kita akan cenderung menggunakan tubuh bagian kanan.

Baca Juga: Mendikbud Bagikan Kuota Gratis untuk Kuliah Online Bagi Mahasiswa Berprestasi dan Tidak MampuSalah satu hipotesis yang nggak biasa menjelaskan kalo kidal disebabkan oleh mutasi genetik pada masa lalu. Hal ini menyebabkan pusat bahasa manusia bergeser ke otak sebelah kiri, yang menyebabkan tangan kanan mendominasi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest