Follow Us

Jangan Sampe Luber, Pahami Batasan Mengisi Bensin Sepeda Motor yang Benar

Bayu Galih Permana - Senin, 27 Juli 2020 | 17:50
Ilustrasi mengisi bensin sepeda motor.
Kompas.com/Rully

Ilustrasi mengisi bensin sepeda motor.

HAI-Online.com - Ketika mengisi bensin sepeda motor, nggak sedikit orang yang memilih untuk memenuhi tangki kendaraan secara ful.

Biasanya mereka lakukan itu karena takut tiba-tiba kehabisan bahan bakar di tengah jalan.

Namun, sebagian besar pengendara belum mengetahui batasan mengisi tangki bensin sepeda motor yang benar sehingga nggak jarang berujung pada kepenuhan ataupun luber.

Melihat kondisi tersebut, Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, ada batas aman yang terpasang di mulut tangki.

“Batas amannya bisa dilihat pada mulut tangki. Usahakan bensin rata dengan lubang tutup tangki bagian bawah,” terang Endro seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Tengok Aksi Donald Trump Nyanyi Lagu 'Run To The Hills' Iron Maiden, Keren Plus Bikin Ngakak!

Biasa ada di setiap model tangki motor, sebenarnya nggak masalah apabila sedikit melewati batasnya, asalkan nggak keluar atau luber.

Memang sebagian motor sudah ada saluran di sekitar tangki yang mengalirkan bensin berlebih ke darat atau tanah, tapi kondisinya juga harus baik.

Jangan sampai ketika bensin yang melewati saluran tersebut malah tercecer kemana-mana karena dikhawatirkan malah bisa menyebabkan motor terbakar kalau ada pemantiknya.

Baca Juga: Kim Jong Un Bakal Kasih Hukuman Bagi Warganya yang Nonton Drama Korea

“Kondisi saluran yang tidak baik bisa menyebabkan api kalau ada pemicunya. Agar lebih aman ya isi bensin penuh jangan sampai luber, itu saja,” tambahnya.

Kemudian jika tangki diisi penuh dengan bensin, jangan khawatir soal sirkulasi udaranya karena bagian tutup tangki tersedia lubang agar sirkulasi udara dari dalam tangki bisa lancar. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Isi Bensin Motor Jangan Sampai Luber, Ada Batasnya".

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular