Follow Us

Timbul Masalah Kalo Ngasal, Pahami Aturan Nyala Matikan AC Mobil yang Benar

Bayu Galih Permana - Rabu, 22 Juli 2020 | 17:10
Ilustrasi AC mobil
Pixabay

Ilustrasi AC mobil

HAI-Online.com - Bukan sebuah rahasia lagi, sebagian besar dari kita selama ini masih suka ngasal saat nyalain atau mematikan AC mobil, padahal ada aturannya.

Bahkan, jika kebiasaan buruk tersebut terus dilakukan secara berulang-ulang, nggak menutup kemungkinan komponen dalam mobil dapat cepat rusak.

Salah satu aturan yang selama ini paling sering diabaikan dan dilanggar adalah menonaktifkan AC saat mesin mobil dimatikan.

Menurut Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, kebiasaan tersebut dapat membuat komponen-komponen seperti altenator dan aki menjadi cepat bermasalah.

Baca Juga: Dilarang Jenguk, Pemuda Ini Tengok Ibunya dari Jendela RS Tiap Malam hingga Meninggal

“Jadi, ketika mobil mau dinyalakan butuh tenaga yang cukup tinggi. Jika AC dalam posisi menyala maka daya ke magnet kompresor menjadi lebih besar,” ujar Kelvin seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Kelvin melanjutkan, ada kebiasaan buruk lain yang kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan, yaitu menghidupkan serta mematikan AC mobil ketika putaran mesin masih tinggi.

“Sebab saat putaran mesin tinggi, otomatis putaran kompresor juga ikut tinggi. Apabila AC mobil tiba-tiba dimatikan atau dinyalakan dalam kondisi tersebut, maka kompresor mobil akan menanggung beban yang cukup besar,” tambahnya.

Dampaknya, akan terjadi gesekan yang cukup besar pada komponen pulley AC dan center piece kompresor.

Baca Juga: Nggak Usah Panik Apalagi Putus Asa, Begini Cara Mengurus Ijazah yang Hilang!

Sementara itu, hal serupa juga diungkapkan oleh Service Head Auto2000 Bekasi, Sapta Agung Nugraha, yang mengatakan bahwa tidak ada salahnya untuk ikut menonaktifkan AC ketika mesin mobil nggak menyala.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest