Follow Us

Mie Instan Cup Lebih Berbahaya dari Kemasan Plastik, Begini Penjelasannya

Bayu Galih Permana - Kamis, 16 Juli 2020 | 10:19
Ilustrasi mie instan dalam kemasan cup
PIXABAY/AUNTMASAKO

Ilustrasi mie instan dalam kemasan cup

HAI-Online.com - Selama ini, orang-orang lebih memilih untuk mengonsumsi mie instan cup karena bisa dimasak tanpa harus menyediakan alat khusus, serta dapat dinikmati di mana saja saat bepergian.

Padahal, mengonsumsi mie instan dalam kemasan cup sendiri ternyata nggak baik untuk tubuh, bahkan lebih berbahaya dibandingkan dengan produk-produk yang memakai bungkus plastik.

Fakta ini sendiri diungkapkan oleh Kepala Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Madan Mohan Malviya, Delhi, India, dr. Sunil Sharma.

Sunil menjelaskan, hal tersebut nggak lepas dari wadah pembungkus mie instan kemasan cup yang kebanyakan terbuat dari bahan styrofoam.

Baca Juga: Aktif Berkegiatan Amal, Universitas Manchester Hadiahi Marcus Rashford Gelar Doktor Kehormatan

Unsur kopolimer styrene dalam styrofoam dapat menyebabkan Endocrine Distruption, yang jadi awal bibit-bibit kanker dan tumor dalam tubuh manusia.

Nggak cuma itu, styrofoam juga mengandung unsur bernama benzema yang diketahui dapat mengaktifkan sel-sel kanker.

Baca Juga: Pernah Dengar Ungkapan 'Otak Kosong'? Ternyata Cowok Punya Bagian Itu di Kepalanya

Ilustrasi mie instan dalam bungkus plastik
iStockphoto

Ilustrasi mie instan dalam bungkus plastik

Berbeda dengan mie bungkus plastik, produk satu ini nggak dimasak langsung dalam kemasan, dan biasanya dikonsumsi menggunakan wadah lain seperti piring ataupun mangkok.

Terlepas dari itu, kebiasaan mengonsumsi mie instan secara berlebihan sama-sama nggak baik bagi tubuh, di mana kerugian-kerugian yang disebabkan bahan pembuatnya akan menumpuk dan berubah menjadi penyakit.

Kalau kalian sendiri selama ini gimana sob? Lebih sering mengonsumsi mie instan berbungkus plastik atau dalam kemasan cup nih? (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular