Follow Us

Viral Video Bunuh Kutu di Tubuh Kucing Pake Raket Listrik, Begini Penjelasan Dokter Hewan

Bayu Galih Permana - Jumat, 10 Juli 2020 | 11:50
Video membunuh kutu di tubuh kucing menggunakan raket listrik yang viral.
Facebook/Kizam

Video membunuh kutu di tubuh kucing menggunakan raket listrik yang viral.

HAI-Online.com - Baru-baru ini, pengguna media sosial tengah ramai membicarakan postingan dari akun Facebook Kizam di Komunitas Pecinta Kucing Semarang (KPKS) soal cara membunuh kutu kucing menggunakan raket listrik.

Dalam postingan yang dibagikan Jumat (3/7) lalu, terlihat akun Facebook Kizam menunjukkan video berisi proses bagaimana dia menggosok-gosokan raket listrik ke tubuh kucing untuk menghilangkan kutu.

"Bersihin kutu dulu, sambil terapi haha," tulisnya dalam Bahasa Jawa.

Ketika dimintai komentarnya terkait video yang ramai jadi bahan pembicaraan tersebut, dokter hewan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) drh Slamet Raharjo meragukan kalau letupan raket listrik itu berasal dari kutu yang mati.

Baca Juga: Usir CEO Perusahaan yang Rasis dari Tempatnya, Pelayan Restoran Ini Dapet Tips Rp 780 Juta

"Melihat video ini, saya kok tidak yakin bunyi 'pletek-pletek' itu akibat kutu kucing. Saya menduga itu karena kulit kucing yang tersentuh raket," ujar Slamet seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Efektivitas penggunaan raket nyamuk untuk kucing perlu dipertanyakan kembali, karena raket ini hanya memiliki daya membunuh serangga jika serangga kontak langsung dengan kawat raket listrik.

"Pada dasarnya raket nyamuk memiliki daya listrik yang rendah yang dapat membunuh serangga dan tidak berbahaya bagi manusia, namun tetap memberikan efek kejut yang dapat berbahaya bagi jantung," tambahnya.

Baca Juga: Minta Jodoh 2 Tahun Lalu, Doa Rey Mbayang Dikabulkan, Hari Ini Menikah Muda tanpa Pacaran

Meskipun bisa membunuh kutu, Slamet nggak menyarankan masyarakat untuk melakukan tindakan dalam video tersebut kepada kucing mereka.

"Saya pribadi tidak merekomendasikan penggunaan alat ini untuk membunuh kutu kucing. Untuk membersihkan bulu/rambut dan kutu sebaiknya dilakukan dengan pemberian obat anti kutu bersamaan saat membersihkan rambut/bulu," jelas Slamet.

Tuh dengerin sob! Jadi mulai sekarang nggak usah ngikutin hal yang aneh-aneh dan belum teruji keefektivitasannya ya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral, Video Cara Mematikan Kutu dengan Raket Listrik ke Tubuh Kucing, Ini Penjelasan Dokter...".

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular