Siapa Sangka, Kalo Nenek Moyang Dinosaurus Ternyata Seukuran Cangkir Kopi

Dio Firdaus - Jumat, 10 Juli 2020 | 06:15
Ilustrasi Kongonaphon kely, dinosaurus terkecil.
(SCIENCE ALERT/Alex Boersma)

Ilustrasi Kongonaphon kely, dinosaurus terkecil.

HAI-Online.com - Kalo kita bahas tentang jaman purba, pasti yang terlintas adalah hewan-hewan besar seperti dinosaurus.

Akan tetapi pernah kebayang nggak sih seberapa besar nenek moyang dinosaurus?

Pasalnya nyangka aja, kalo ternyata dibalik penerusnya yang berbadan besar, nenek moyang dinosaurus punya fisik mungil.

Baca Juga: Jangan Membandel, Ini 5 Kesalahan Jalani Hidup di New Normal yang Bisa Bikin Kasus Covid-19 Nambah Terus!

Hal ini terungkap dari analisis fosil reptil bernama Kongonaphone kely yang berarti pembunuh serangga kecil.

Sebagaimana HAI lansir dari Kompas, ukuran K.kely memang hanya berukuran 10cm saja. Menurut peneliti hewan ini hidup Madagaskar sekitar 237 juta tahun yang lalu selama periode Trias.

Fosil K.kely ini ditemukan pada 1998 silan oleh tim peneliti yang dipimpin para hali dari American Museum of Natural History Frick Curator of Fossil Mammals.