Fosil Dinosaurus Pertama yang Hidup dalam Air Ditemukan, Begini Wujudnya

Dio Firdaus - Jumat, 01 Mei 2020 | 19:35
Ilustrasi Spinosaurus

HAI-ONLINE.COM - Selama ini, kita sering melihat gambar-gambar atau film tentang dinosaurus yang punya tubuh besar dan jalan di hutan belantara.

Meskipun kerap kali digambarkan ada, namun para ilmuwan sebenarnya berpendapat kalau hewan purba nggak ada yang jenis berenang atau hidup di air.

Hingga pada akhirnya, sebuah temuan fosil raksasa memecahkan pendapat itu dan membuktikan kalau memang ada dinosaurus yang hidup di air.

Baca Juga: Tayangkan Adegan Ciuman Bibir pada Jadwal Belajar dari Rumah, TVRI Kena Teguran KPI

Sebagaimana HAI rangkum dari Kompas, fosil ini adalah spinosaurus aegyptiacus, predator bergigi tajam yang menakutkan dengan panjang badan 7 meter dan memiliki ekor seperti buaya.

Fosil Spinosaurus ini sendiri ditemukan di endapan batuan Cretaceous di Gurun Sahara, Maroko Timur dan diperkirakan sudah berusah 90 hingga 100 juta tahun.

Penemuan ekor spinosaurus ini membuat prespektif tentang satu-satunya kerangka spesies yang pernah ada di dunia meluas. Pasalnya, bukti krangka dinosaurus lain beberapa hancur karena Perang Dunia II.

Baca Juga: Tembus 10.118 Pasien Positif COVID-19, Pemerintah Berikan 5 Saran untuk Warga +62

"Dinosaurus ini memiliki ekor dengan bentuk yang tak terduga dan unik, terdiri dari tonjolan duri yang tinggi berbentuk chevron, membentuk organ seperti sirip fleksibel" kata peneliti dalam makalah yang diterbitkan di jurnal Nature yang HAI kutip dari Kompas,com.

Untuk yang penasaran gimana bentuk kerangkanya, seperti ini nih sob:

Kerangka spinosaurus
Marco Auditore/Gabriele Bindellini

Kerangka spinosaurus

Sebuah studi juga ada yang meneliti kalau jumlah daya dorong yang bisa dihasilkan ketika berenang di air. Hasilnya, kinerjanya sebanding dengan vertebrata air yang punya fitur serupa.

Dengan kata lain, Spinosaurus adalah bukti terbaik kalau dinosaurus itu bisa berenang. (*)