Follow Us

Jadi Kebiasaan, Remaja yang Sering Begadang Rentan Terserang Penyakit Pernapasan

Bayu Galih Permana - Rabu, 08 Juli 2020 | 17:00
Ilustrasi pilek
Pixabay/Sweetlouise

Ilustrasi pilek

HAI-Online.com - Siapa yang punya hobi begadang? Kalau kalian termasuk salah satunya, lebih baik mulai hilangin deh kebiasaan buruk tersebut, khususnya yang masih remaja.

Melansir dari World of Buzz, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa kebiasaan begadang membuat remaja rentan mengalami masalah kesehatan.

Dalam studi yang dilakukan para peneliti Barcelona Institute for Global Health, remaja yang sering menghabiskan malam dengan begadang rentan terkena asma dan juga alergi.

Pada penelitian tersebut, sebanyak 1.684 remaja di Bengal, India diminta melaporkan apakah mereka pernah maupun sedang terkena masalah pernapasan layaknya asma atau gejala rinitis alergi seperti pilek dan bersin.

Baca Juga: 5 Sepeda Super Mahal di Dunia, Harganya di Atas 1 Miliar Rupiah

Selain masalah kesehatan, para remaja itu juga diminta mengisi pada jam berapa biasanya mereka pergi menuju kamar untuk tidur.

Hasilnya, para remaja yang mempunyai kebiasaan begadang ternyata memiliki risiko tiga kali lebih tinggi untuk terkena menderita asma dibanding mereka yang tidur lebih awal

Belum berhenti sampai di situ, remaja yang begadang juga berisiko dua kali lebih tinggi untuk mengalami gejala rinitis alergi.

Baca Juga: Kelompok Pendaki Panjat Gunung Pake Kostum Avengers, Ini Tujuan Mulia Di Baliknya

Meskipun para peneliti belum bisa memastikan sepenuhnya apakah kebiasaan begadang akan memicu terjadinya asma, nggak selarasnya hormon melatonin pada orang yang tidur larut bisa mempengaruhi respons alergi.

"Tidur sedikit lebih awal akan membantu mengurangi risiko asma dan alergi," ujar Dr Subhabrata Moitra dari University of Alberta, Kanada.

Maka dari itu sob, mulai sekarang hilangin deh kebiasaan begadang dan mulai hidup sehat ya. (*)

Source : World of Buzz

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest