Follow Us

Cuma di Era YouTube Gini, Band-band Seperti Boy Pablo dan Sunset Rollercoaster Bisa Didengerin Sampe Indonesia

Alvin Bahar - Rabu, 01 Juli 2020 | 14:30
boy pablo
YouTube

boy pablo

HAI-ONLINE.COM - Bersyukurlah, di era sekarang ada YouTube. Dengan mudah, kita bisa cari tau soal band-band baru yang mungkin sebelum era digital nggak bakal bisa kita jangkau.Bayangin, di tahun 90-an, mungkin nggak sebuah musisi indie dari Norwegia seperti Boy Pablo bisa terkenal?Zaman dulu, nyari musik tuh susah banget di Indonesia. Mesti punya temen yang koleksi kaset dari luar negeri dulu buat bisa dengerin band yang nggak dirilis di Indonesia.Seringnya juga, telat denger. Misalnya nih, Nirvana rilis Nevermind pada 1991. Mungkin lo baru bakal denger pada 1992. Makin obscure bandnya, makin susah dicari!Yap, cuma di era digital seperti sekarang, sebuah band, entah dari mana pun itu, bisa ditemukan lewat sebuah klik. Boy Pablo salah satunya. Lagu "Everytime" yang meledak di YouTube, bikin dirinya bisa tur keliling dunia dan tentunya dapet banyak fans baru.

Baca Juga: Resmi Dibuka, Berikut Alur Pendaftaran PPDB DKI Jakarta Jalur PrestasiSelain Boy Pablo, ada juga Clairo. Lewat sebuah video simpel untuk lagunya berjudul "Pretty Girl", dirinya menjadi salah satu newcomer artist yang diperhitungkan. Mau contoh lagi? Tengok Sunset Rollercoaster. Band dari Taiwan ini mendapatkan keuntungan dari “Recommended Video” YouTube. Kini, siapa yang nggak tau sama lagu My Jinji?Yap, menggunakan YouTube untuk band itu, nggak melulu buat ngebikin band lo jadi YouTuber. Tapi juga bisa buat mendongkrak karier.

Buat lo yang baru ngeband, harus banget memanfaatkan platform ini buat promoin musik. Bersyukur juga kalo bisa sekalian nyari duit.

Bingung sama gimana memulainya?Nah, di HAI Class yang bakal digelar Jumat, 3 Juli ini, seluk beluk soal manfaatin YouTube buat musisi pemula bakal dibocorin langsung sama tim Collab Asia. Dari monetisasi, engagement, dan lainnya.FYI, Collab Asia adalah digital content studio dan social media influencer network yang kliennya mulai dari Banda Neira hingga Mondo Gascaro.Daftarin langsung diri lo di bit.ly/HAICLASS (harus huruf kapital semua!)Terbatas!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest