Follow Us

Ahli Mikrobiologi Tunjukkan Betapa Pentingnya Masker untuk Setop Penyebaran Covid-19

Bayu Galih Permana - Rabu, 01 Juli 2020 | 14:10
Ilustrasi penggunaan masker
Pexels/Yaroslav Danylchenko

Ilustrasi penggunaan masker

HAI-Online.com - Baru-baru ini, seorang ahli mikrobiologi bernama Dr Richard Davis berbagi ilmu mengenai betapa pentingnya masker untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Baca Juga: Sayangi Diri dan Bumi, Orang Sehat Disarankan Pakai Masker Washable Ya!

Melalui akun Twitter miliknya, Davis membagikan sejumlah foto yang menunjukkan dampak penggunaan masker dalam mencegah penyebaran kuman.

Dalam percobaan tersebut, Davis menggunakan 4 pasang plat berisi cairan sebelum kemudian melakukan aktivitas seperti bersin, bernyanyi, berbicara, serta batuk, dengan dan tanpa menggunakan masker.

Ketika dia nggak menggunakan masker saat beraktivitas, droplet yang keluar dari mulut Davis terlihat jatuh dan memenuhi plat-plat di bawahnya.

Baca Juga: Jakarta Resmi Melarang Penggunaan Kantong Plastik Mulai Hari Ini, Bila Melanggar Didenda Uang Paksa Rp 5 Juta Lebih

Hal berbeda terlihat saat Davis beraktivitas menggunakan masker, di mana plat-plat yang berada di bawahnya bebas dari droplet.

"Aku bersin, bernyanyi, berbicara, dan batuk ke arah piring dengan dan tanpa menggunakan masker. Bakteri-bakteri terlihat di mana droplet mendarat. Masker memblokir hampir semua dari bakteri tersebut," tulis Davis.

Belum berhenti sampai di situ, Davis kemudian menerapkan prinsip physical distancing yang hasilnya mempertontonkan bahwa plat-plat tersebut baru minim terkena droplet pada jarak 6 kaki (sekitar 1,8 meter).

Baca Juga: Disisipi Program Jahat, Baiknya Hindari Download 21 Game Ini di Google Play Store

Namun, meskipun hasilnya minim setelah dia menambahkan jarak, bukan berarti plat-plat percobaan tersebut bebas dari bakteri-bakteri yang terkandung dalam droplet.

Maka dari itu sob, jangan lupa pakai masker ya ketika bepergian ke luar rumah agar rantai penyebaran virus corona bisa segera berhenti dan semua kembali normal seperti semula. (*)

Source : ladbible.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest