Follow Us

Peneliti Temukan Virus G4 Baru pada Babi di Tiongkok yang Berpotensi Jadi Pandemi

Bayu Galih Permana - Rabu, 01 Juli 2020 | 09:14
Ilustrasi babi
Pixabay

Ilustrasi babi

HAI-Online.com - Baru-baru ini, para ilmuwan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China dan peneliti dilaporkan mendapati temuan virus baru yang berpotensi untuk menjadi pandemi seperti layaknya Covid-19.

Melansir dari UNILAD, virus yang dinamai G4 ini diketahui muncul setelah dibawa oleh babi-babi yang ada di seluruh penjuru China.

Peneliti mengatakan, virus ini merupakan keturunan dari jenis influenza H1N1 yang menyebabkan pandemi pada tahun 2009 silam.

Bisa menyebar dari hewan ke manusia, belum diketahui pasti apakah virus G4 nantinya bisa berpindah dari satu orang ke yang lainnya seperti Covid-19.

Baca Juga: Semangat Terus Jalani Hidup, Ini 5 Cara Memotivasi Diri Sendiri

Dalam jurnal akademis Prosiding National Academy of Sciences Amerika Serikat, peneliti meminta pemerintah mengawasi sistematis virus influenza pada babi sebagai kesiapsiagaan untuk menghadapi potensi pandemi berikutnya.

Antara 2011 dan 2018, peneliti mengambil 30.000 swab hidung dari babi di seluruh rumah jagal Cina, di mana kemudian mendapati 179 virus flu babi baru, dengan G4 muncul sebagai yang paling menonjol sejak 2016.

Penelitian tersebut menambahkan, pemantauan ketat pada popuasi manusia, terutama pekerja industri babi harus segera dilaksanakan karena virus satu ini akan beradaptasi dari waktu ke waktu dan meningkatkan risiko pandemi terhadap manusia.

Wah, semoga virus satu ini nggak berbahaya seperti yang dikatakan oleh para peneliti ya sob. (*)

Source : Unilad

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest