Follow Us

Dari Seringai Hingga NOFX, Ini 5 Lagu Yang Serukan Semangat Antirasisme

Bagas Rahadian - Sabtu, 06 Juni 2020 | 18:30
Public Enemy
Ghost Cult Magazine

Public Enemy

HAI-Online.com - Tahun 1988 silam, grup hip-hop asal California AS, N.W.A, mengeluarkan single 'F--k tha Police' yang merupakan bentuk protes atas perlakuan rasis aparat.

Hebatnya, tema lagu tersebut dipandang masih relevan sampai saat ini di AS, terlebih usai isu rasisme kembali merebak paska kematian George Floyd di tangan polisi negara bagian Minnesota.

Sejak Jumat lalu, single N.W.A itu pun didapati mengalami peningkatan drastis, yakni mencapai 272 persen, dalam jumlah streaming digital, sebagaimana dilaporkan oleh Rolling Stone.

Dan, kabarnya nggak cuma satu lagu itu aja yang kembali dekat di telinga orang banyak di saat isu rasisme tengah merebak seperti sekarang ini.

Banyak lagu lain bertema perlawanan komunitas kulit hitam maupun kaum minoritas yang juga ikutan trending, seperti lagu "This is America" milik Childish Gambino, yang melonjak 149 persen dalam jumlah streaming; dan 'Alright' dari Kendrick Lamar yang meningkat 71 persen selain sebagai anthem gerakan Black Lives Matter sejak saat lagu ini rilis pada 2015.

Baca Juga: Ini Dia 3 Musisi Indonesia Terfavorit Buat Dijadiin Spotify Anthem Sama Pengguna Tinder

Dalam bahasan kali ini, HAI mencoba merangkum 5 lagu lain yang juga mengandung pesan antirasisme yang kuat dalam liriknya.

Termasuk musisi lokal. Banyak juga didapati karya dari para musisi lokal yang nggak kalah dahsyat menyuarakan semangat antirasisme.

Berikut lagu-lagunya.

1. Homicide - Senjakala Berhala

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest