Follow Us

Nggak Boleh Makan Mi Instan Bareng Nasi, Gula Darah Bisa Tinggi. Ini Penjelasan Ahli

Al Sobry - Selasa, 02 Juni 2020 | 12:33
Merebus mie instan
tribunnews.com

Merebus mie instan

HAI-Online.com - Kalo mau jujut, makan satu bungkus mi instan itu memang rasanya kurang kenyang. Biasanya, nasi bisa menjadi teman demi mengisi kekuranhan di usus kita.

Hanya saja, kebiasaan ini dianggap kurang sejat, guys. Hal ini diungkapkan langsung oleh ahli gizi Dr. Samuel Oetoro MS, SP, GK., bahwa kalo maksa mencampur nasi dan mi instan, nantinya akan menimbulkan efek yang kurang sehat bagi tubuh.

Baca Juga: Kerumunan Pendaki di Bukit Alas Bandawasa Saat PSBB Ini Viral, Pemkab Bogor Siap Bubarkan

"Mie instan itu mengandung karbohidrat dari tepung yang diolah berulang, ditambah lagi dengan nasi putih yang mengandung karbohidrat juga. Bila keduanya dimakan bersama, gula darah akan cepat naik," kata Dr Samuel Oetoro kepada Kompas Lifestyle.

Selain itu, menurut ahli gizi dari Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi ini, kebiasaan mengkonsumsi mie instan dicampur nasi hanya akan membuat tubuh terisi karbohidrat yang akan diubah menjadi gula.

Tubuh akan kekurangan zat gizi lain seperti mineral, protein, vitamin, dan lemak.

"Sudah makan nasi ditambahin lagi mie instan, itu parah. Jadi double karbohidrat," terangnya.

Baca Juga: Terabaikan, Ternyata Manfaat Buah Kersen Jarang Diketaui Orang Lho!

Jika kamu adalah termasuk orang yang doyan mengkonsumsi mie instan campur nasi putih, maka risiko menjadi pengidap diabetes akan meningkat, dibanding jika kamu banyak makan sayur dan buah.

Mie instan campur nasi
Tribun

Mie instan campur nasi

"Penyakit yang akan cepat datang itu seperti diabetes, kencing manis dan lain sebagainya yang berkaitan dengan peningkatan gula darah," tuturnya.

Maka dari itu, Dr Samuel menyarankan untuk nggak mengkonsumsi mie instan dibarengi dengan nasi putih.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest