Follow Us

Angkatan Laut AS Uji Coba Senjata Laser Mematikan Seperti di Film Star Wars

Dio Firdaus - Rabu, 27 Mei 2020 | 18:30
Senjata Laser USS Portland
YouTube/USNI News Video

Senjata Laser USS Portland

HAI-ONLINE.COM- Bukan hal yang baru kalau persenjataan militer Amerika Serikat dilengkapi dengan teknologi yang canggih.

Baru-baru ini ada kabar dari newsweek.com kalau negara adidaya itu sedang mencoba senjata terbaru untuk angkatan lautnya.

Senjata itu adalah laser benergi tinggi yang menargetkan pesawat terbang atau drone musuh.

Angkatan Laut AS bahkan turut memberikan gambaran laser yang ada di geladak kapal dermaga pengangkut amfibi, USS Protland bisa menjatuhkan sebuah drone dalam sekejap. Cek videonya deh sob:

Kalau waktu kecil biasanya kita main laser yang kecil untuk sekadar disodorkan ke tembok, laser yang satu ini kayak di film Star Wars sob, alias mematikan.

Nama senjata ini sendiri adalah Laser Weapon System Dimonstrator (LWSD). Meskipun nggak diungkap secara jelas, tapi laser ini diyakini punya tenaga sebeas 150 kilowatt.

Angkatan Laut mengatakan kalau penggunaan senjata ini pada kapal Armada Pasifik merupakan implementasi sistem tingkat pertam adari laser solid-state energi tinggi.

Menurut komandan USS Portland, Kkarey Sanders, senjata ini bisa membuka jalan ke senjata masa depan.

Baca Juga: Kasus Bunuh Diri Hana Kimura Bikin Pemerintah Jepang Membuat Kebijakan Keras Soal Cyberbullying

"Laser Weapon System Demonstrator adalah sistem dengan kemampuan unik yang dapat diuji dan dioperasikan oleh Portland untuk AL, sambil membuka jalan bagi sistem senjata masa depan," ucap Kkarey.

Nggak bisa dipungkiri, kemampuan militer AS mengubah energi kimia atau listrik menjadi energi yang dipancarkan pada target, membuat senjata ini sangat efektif.

Jauh sebelum ini, Letnan Cale Hughes, petugas sistem senjata laser, mengatakan kepada CNN pada 2017 silam kalau senjata laser itu bisa mengenai target dengan kecepatan cahaya.

Kalau sudah begini, kayaknya perang laser seperti di film Star Wars atau Star Trek kemungkinan bisa terjadi mungkin 10 atau 20 tahun kedepan deh. Menurut lo gimana sob?

Source : intisari

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest