Follow Us

Lewat 'Guyub Sore', Oppie Andaresta Ingin Kembalikan Panggung Para Seniman di Masa Pandemi Covid-19

Bagas Rahadian - Minggu, 10 Mei 2020 | 21:00
Oppie Andaresta
Siaran pers Bakti Budaya Djarum Foundation

Oppie Andaresta

HAI-Online.com - Sejak Kamis 7 Mei lalu, penyanyi Oppie Andaresta selalu nongol di Instagam Live-nya bersama seorang seniman dalam acara livestreaming bertajuk 'Guyub Sore'.

Tujuan dari acara ini nggak lain adalah untuk mengembalikan panggung bagi para pelaku seni yang selama pandemi covid-19 nggak cuma nihil pendapatan, namun juga terbatas dalam ruang berkreasi.

Program 'Guyub Sore' menampilkan para seniman dengan beragam bentuk kesenian, mulai dari sastra, musik, hingga dongeng nusantara.

Dengan konsep ngabuburit, Oppie dan para pelaku seni bakal menyuguhkan bincang santai dan menampilkan karya seni dari rumah masing-masing.

"Guyub Sore ini menjadi respon dari keresahan teman-teman yang menggantungkan hidupnya dari berkesenian. Pandemi ini membuat mereka bisa tampil di panggung yang artinya tidak ada pemasukan karena bagi mereka harus ada panggung untuk bisa hidup. Acara ini menjadi panggung untuk para pelaku seni, khususnya di daerah meski dalam bentuk virtual,” ujar penyanyi yang populer dengan single era 90an bertajuk 'Cuma Khayalan'.

Baca Juga: Tom Delonge Bicara Soal Reuni Blink-182: Itu Pasti Terjadi, Tunggu Aja Waktunya!

Dalam dua episode-nya yang sukses berlangsung, Oppie mengundang dua musisi tanah air, yakni pianis asal Yogyakarta, Bagus Mazasupa, dan Bimbim 'Slank'.

Dan dalam enam episode yang akan datang, akan hadir deretan nama pekerja seni antara lain seniman wayang, Bagong Soebardjo, dan musisi asal Malang, Nova Ruth.

Sementara, Bakti Budaya Djarum Foundation selaku penyokong acara ini menilai, bahwa industri seni pertunjukan mesti beradaptasi dengan ruang daring untuk dapat bertahan di masa pandemi.

Maka dari itu, menurut mereka, gelaran acara online yang melibatkan para pelaku seni harus senantiasa didukung.

"Menonton seni pertunjukan melalui layar gawai, laptop, maupun televisi tentu terasa berbeda dengan menyaksikan langsung di pentas atau gedung pertunjukan. Namun, ruang daring menghapusketerbatasan ruang dan memberikan kesempatan menonton yang sama bagi para penikmat seni diberbagai daerah," kata Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

"Guyub Sore yang diinisiasi oleh Oppie Andaresta ini salah satu bentuk program yang menjadi wadah bagi para pelaku seni, baik di Jakarta maupun di daerah untuk tetap kreatif dalamberkarya yang patut kita dukung dan apresiasi," tambahnya.

Acara ini dapat disaksikan setiap pukul 16.00 WIB hingga 19 Mei 2020 yang disiarkan secara langsung melalui instagram live di akun @oppieandaresta.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular