Follow Us

McDonald's Indonesia Bocorin Resep Rahasia Kentang Gorengnya, Coba Bikin di Rumah Yuk

Annisa Putri Salsabila - Selasa, 05 Mei 2020 | 16:38
Resep rahasia kentang goreng McDonald's yang bisa dibuat di rumah.
McDonald's Indonesia

Resep rahasia kentang goreng McDonald's yang bisa dibuat di rumah.

Hai-Online.com - Siapa yang kangen sama kentang goreng McDonald's? Well, nggak perlu takeaway lagi karena McDonald's Indonesia baru aja bocorin resep rahasianya.

Yoi, bener-bener nggak terduga. McDonald's di masa pandemi gini bagiin tips kentang gorengnya lewat akun Official Facebook.

Dari cara pembuatannya, ada yang menarik loh. Pake soda kue! Percaya atau nggak, soda kue bisa bikin kentang goreng jadi lebih renyah atau crispy.

Itu karena soda kue bakal melepaskan karbondioksida selama penggorengan yang ngebentuk ruang-ruang kecil di dalem kentang goreng dan nekan kandungan air.

Soda kue juga bakalan ngurangin penyerapan minyak ke dalam kentang selama penggorengan.

Selanjutnya, corn syrup sama susu kedelai, Nah kedua bahan ini dijadikan satu karena punya fungsi saling melengkapi, yaitu menyeragamkan warna dari kentang goreng mateng, juga biar gorengnya nggak terlalu lama.

Kok bisa sirup jagung sama susu kedeai bikin warna kentang jadi seragam?

Warna coklat yang terbentuk selama kentang digoreng dihasilkan dari reaksi maillard. Singkatnya, reaksi ini adalah pencoklatan hasil reaksi gula (spesifiknya gula pereduksi) dengan asam amino (bentuk sederhana dari protein).

Baca Juga: Flea 'Red Hot Chili Peppers' Ngaku Kepo Sama Band Metal Remaja Voice of Baceprot

Sebenernya secara alami, kentang udah punya. Tapi, kalo cuma ngandelin gula dan asam amino dari kentang itu sendiri, warna coklatnya nggak bakal seragam sama potongan kentang lainnya, karena setiap potongan kentang pasti punya jumlah asam amino dan gula yang berbeda, jadinya kentang gorengnya nggak cantik, alias belang gitu.

Nah, kini saatnya kita yang berkreasi di rumah! Bikin kentang goreng McDonald's buat menu buka puasa atau sahur. Mudah kok, cowok-cowok kek kita juga pasti bisa.

Halaman Selanjutnya

Berikut cara pembuatannya:
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest