Follow Us

Kualitas Udara Ibukota Membaik, Gunung Gede Pangrango Kini Tampak dari Jakarta

Bagas Rahadian - Rabu, 22 April 2020 | 18:00
Gede Pangrango terlihat dari Kembangan,  Jakarta Barat
Wartakota

Gede Pangrango terlihat dari Kembangan, Jakarta Barat

HAI-Online.com - Belum lama ini, beberapa pengguna Twitter membagikan video yang memperlihatkan pemandangan yang terbilang langka, yakni penampakan Gunung Gede Pangrango yang terlihat jelas dari Ibukota Jakarta.

Salah satu pengunggah video, yakni akun Twitter @AriestaRiico, memperlihatkan Gunung Gede dan gunung tetangganya, yakni Gunung Salak, yang nggak tengah diselimuti kabut dan tampak jelas meski dari jarak berpuluh kilo meter.

Seperti diketahui, baik Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak terletak di Kabupaten Bogor dan masing-masing berada sejauh 63 dan 57 kilometer dari DKI Jakarta.

Terkait fenomena langkah ini, masyarakat pun menduga bahwa polusi udara Ibukota perlahan telah menurun akibat dampak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) setelah hampir dua pekan.

"Penampakan Gunung Gede & Gunung lainnya terlihat dari Jakarta. Sejak di berlakukan PSBB...," tulis akun @AriestaRiico dalam unggahan Twitter-nya.

Sementara, asumsi umum tersebut tampak ada benarnya.

Pasalnya, Badan Lingkungan Hidup Jakarta melaporkan bahwa kualitas udara Ibukota sejatinya telah meningkat sejak 23 Maret, terutama ketika masyarakat mulai menerapkan social distancing dan pengoperasian kendaraan beserta angkutan umum mulai dibatasi.

Baca Juga: Keluhan Siswa SMK Menyayangkan Program 'Belajar Dari Rumah' TVRI Cuman untuk SMA

Sebelumnya, Jakarta selalu disorot sebagai salah satu kota dengan tingkat polusi yang terbilang parah.

Berdasarkan catatan Kompas.com, kualitas udara Jakarta biasanya masuk kategori tidak sehat dengan indeks kualitas udara di atas 155.

Pada 22 November 2019 lalu saja, Jakarta berada di peringkat 11 di antara sejumlah kota besar di dunia yang punya kuaitas udara yang buruk dengan indeks kualitas udara mencapai 157.

Bahkan, Jakarta bahkan pernah tercatat berada di urutan pertama pada 29 Juli 2019.

So, meski bikin bosen parah, social distancing dan PSBB nyatanya juga punya sisi positif kan, sob? Setuju dong!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular