Follow Us

7 Film Bertema Perjuangan Perempuan yang Pas Ditonton Saat Hari Kartini

Al Sobry - Selasa, 21 April 2020 | 07:31
7 Film Bertema Perjuangan Perempuan yang Pas Ditonton Saat Hari Kartini

7 Film Bertema Perjuangan Perempuan yang Pas Ditonton Saat Hari Kartini

HAI-Online.com – Selamat hari Kartini 2020, guys! Momen ini menjadi salah satu cara lho bagi cowok untuk bisa mengenal dan mengerti gimana sih cewek-cewek thougt ini bisa melakukan perjuangan hidup dengan cara mereka sendiri sampai jadi kebanggaan orang banyak.

Nah, dengan tahu adanya perempuam-perempuan yang seberjuang itu, laki-laki bakal tersadarkan akan hak dan juga kewajiban yang setara, sehingga dalam kehidupan nyata bisa saling jalan bersama.

Buat kalian yang mencari inspirasi lewat film bertema perjuangan perempuan, coba deh tengok 7 film rekomendasi HAI ini, yang sengaja dipilih karena alur dan ceritanya mampu mengingatkan kita pada perjuangan RA Kartini dan perempuan pada umumnya.

Baca Juga: Nggak Kalah dari Kartini, Kakaknya Kartono Dijuluki Si Jenius dari Tanah Jawa

Sebenarnya, inspirasi RA Kartini sudah banyak sekali difilmkan. Bahkan, terdapat dua judul film Indonesia menyertakan Kartini, salah satunya menuai banyak pujian.

1. Kartini (2017)

Buat kalian yang baru ngerasain gimana sih kehidupan #dirumahaja, nah film biografi yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini jadi contoh yang pas.

Kartini dalam film tersebut merupakan sosok yang terkekang oleh budaya. Mengharuskan perempuan berada di dalam rumah, mengurus urusan rumah tangga, bertutur yang sopan, dan menurut apa kemauan lelaki.Dengan label perempuan yang lembut, pasif, Kartini muda menganggap keluarga sebagai penjara yang dapat menghilangkan kemerdekaannya.

Untung ada Marie Ovink, istri seorang pegawai administrasi kolonial Hindia Belanda yang mengenalkannya pada jurnal De Hollandsche Leile.Lewat jurnal itu Kartini mempunyai sahabat pena dari Belanda bernama Estella Zeehandelar. Melatihnya meningkatkan kemampuan literasi yang baik.

Baca Juga: Nggak Kalah dari Kartini, Kakaknya Kartono Dijuluki Si Jenius dari Tanah JawaKemudian ia berkenalan dengan buku-buku lain seperti Max Havelaar, Surat-Surat Cinta; Kekuatan Gaib, hingga roman feminis Goekopp de-Jong Van Beek yang lambat laun membuka wawasannya.

Adegan ini jadi salah satu contoh yang bikin banyak orang percaya, buku adalah jendela dunia. Dan menulis adalah bentuk keterbukaan pikiran, makanya Kartini dalam film tersebut jadi sering menukar cerita, gagasan dan pendapat soal kehidupan di tanah Jawa.

2. Srikandi (2016)

Halaman Selanjutnya

1 2 3 ... 5

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest