Follow Us

15 Ribu Relawan Mahasiswa Siap Bersatu untuk Terjun dalam Program Penanganan Virus Corona

Bayu Galih Permana - Sabtu, 28 Maret 2020 | 12:01
Ilustrasi persatuan
PIXABAY/TRUTHSEEKER08

Ilustrasi persatuan

HAI-Online.com - Untuk mengakhir pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia , sekitar 15 ribu mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi tanah air siap menjadi relawan penanganan virus corona.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, kepastian ini didapat melalui pernyataan yang diungkapkan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nizam.

Nggak cuma menambah kompetensi mahasiswa, langkah ini juga dapat menjadi karya nyata mereka untuk masyarakat dan bangsa.

“Saat ini sudah ada kurang lebih 15.000 relawan mahasiswa, terutama bidang kesehatan, yang sudah siap hadapi pandemi Covid-19. Tidak hanya menambah kompetensi mahasiswa, namun sekaligus dapat menjadi karya nyata untuk masyarakat dan bangsa,” ujar Nizam.

Baca Juga: Pemain Persib Bandung Positif Terinfeksi Virus Corona, Kondisinya Baik dan Nggak Alami Gejala

Nantinya, para relawan akan difokuskan untuk memberikan edukasi, pencegahan, dan juga pengendalian pandemi virus corona.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan para relawan antara lain membantu program komunikasi, informasi, dan edukasi kepada masyarakat, melayani call center, serta menyiapkan diri sebagai tenaga bantuan dalam kondisi darurat sesuai kompetensi dan kewenangannya.

Partisipasi mahasiswa tersebut nantinya dapat dikonversi sebagai bentuk pembelajaran sehingga dapat disetarakan seperti KKN/SKS.

Menurut Nizam, program relawan penanganan corona sejalan dengan Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka yang telah diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Hasil pembelajaran tersebut tidak hanya dapat disetarakan dengan sks dan menambah kompetensi mahasiswa tetapi juga dapat dijadikan solusi melawan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ahli Sebut Lensa Kontak Bisa Tingkatkan Risiko Terinfeksi Virus Corona

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest