Follow Us

Ahli Sebut Lensa Kontak Bisa Tingkatkan Risiko Terinfeksi Virus Corona

Bayu Galih Permana - Sabtu, 28 Maret 2020 | 10:30
Ilustrasi lensa kontak
PIXABAY/SLAVOLJUBOVSKI

Ilustrasi lensa kontak

HAI-Online.com - Sering dipakai orang untuk membantu penglihatan mereka, penggunaan lensa kontak ternyata dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus yang menghantui masyarakat seluruh dunia beberapa waktu terakhir, Covid-19.

Pernyataan ini diungkapkan oleh salah seorang ahli dari asosiasi medis profesional dokter mata Amerika Serikat, American Academy of Ophthalmology bernama Dr. Thomas Steinemann.

Meskipun belum ada studi yang membuktikan pernyataan tersebut, menurut Thomas, risiko itu muncul karena para pengguna lensa kontak lebih sering menyentuh wajahnya dibanding pemakai kacamata.

"Bisakah orang-orang terinfeksi virus corona yang masuk melalui mata? Secara teori, hal tersebut sangat mungkin terjadi, tapi kami belum mempunyai bukti soal itu," jelas Thomas seperti dikutip HAI dari World of Buzz.

Baca Juga: Terapkan Lockdown, Polisi India Pukuli Warga yang Nekat Keluar Rumah

Dari situ lah, Thomas menyarankan orang-orang untuk mencuci tangan mereka dan nggak memegang wajah maupun mengucek mata sebelum memastikan tangan benar-benar bersih.

Dibanding dengan menggunakan lensa, penggunaan kacamata lebih disarankan untuk kondisi seperti sekarang ini untuk mengurangi risiko penularan.

Apabila terpaksa menggunakan lensa kontak, orang-orang diminta untuk rajin melakukan disinfeksi agar tetap steril.

Jadi jangan lupa diterapin ya sob saran-saran di atas agar terhindar dari Covid-19, oke? (*)

Source : World of Buzz

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest