Follow Us

Niatnya Cari Sehat, Olahraga secara Berlebihan Ternyata Bisa Bikin Mandul

Bayu Galih Permana - Jumat, 27 Maret 2020 | 21:00
Ilustrasi bersepeda
PIXABAY/SUJU

Ilustrasi bersepeda

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, olahraga selama ini dijadikan salah satu cara bagi orang-orang untuk menjaga tubuh mereka tetap ideal, sehat, dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit.

Di balik manfaat yang diberikan, ternyata kegiatan satu ini dapat mengakibatkan orang menjadi mandul lho sob apabila dilakukan secara berlebihan.

Fakta mengenai olahraga berlebih yang dapat menyebabkan kemandulan ini sendiri diungkapkan oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrinologi, dan Reproduksi Rumah Sakit Pondok Indah, dr Shanty Olivia Jasiwan, SpOG-KFER.

Shanty mengatakan, berolahraga dengan teratur memang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan, termasuk kesuburan, asalkan nggak dilakukan secara berlebihan.

Baca Juga: Banyak Orang Hilang Kerjaan Karena Corona, Di AS Muncul Gerakan Tolak Bayar Sewa

"Aktivitas fisik (olahraga) terbukti memiliki dampak positif terhadap kesuburan terutama pada mereka yang memiliki berat badan berlebih dalam upaya mengurangi berat badan," jelas Shanty seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Apabila dilakukan secara berlebihan, maka nantinya dapat berakibat buruk bagi keseimbangan energi pada tubuh yang kemudian mempengaruhi sistem reproduksi.

Jenis olahraga berlebihan yang disebutkan Shanty adalah kardiovaskular seperti bersepeda dan aerobik, terutama ketika dilakukan lebih atau sama dengan empat jam per minggu.

Baca Juga: Tom Holland Adopsi Ayam, Bukan Dipelihara, tapi Supaya Stok Telur Aman Saat Karantina

"Pada laki-laki, olahraga berlebihan juga dapat menurunkan kesuburan berupa menurunnya semua parameter sperma," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, olahraga berlebihan bagi wanita dapat berefek pada kesuburan, terutama apabila olahraga dilakukan pada frekuensi, intensitas dan durasi yang tinggi atau lebih dari lima jam per minggu.

Hmm, ngeri ya sob. Jadi mulai sekarang secukupnya aja ya sob karena segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu nggak baik. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Waspada, Olahraga Berlebih Bisa Picu Kemandulan, Ini Penjelasan Ahli".

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest