Follow Us

Banyak Orang Hilang Kerjaan Karena Corona, Di AS Muncul Gerakan Tolak Bayar Sewa

Bagas Rahadian - Jumat, 27 Maret 2020 | 08:30
Curhatan travel agent yang diminta mengurus liburan YouTuber ke Amerika Serikat, tapi bayarannya menggunakan exposure.
TWITTER/NNUGIE - PIXABAY/SKEEZE

Curhatan travel agent yang diminta mengurus liburan YouTuber ke Amerika Serikat, tapi bayarannya menggunakan exposure.

HAI-Online.com - Pandemi virus corona dan COVID-19 memang nggak hanya berhasil memakan banyak korban jiwa.

Virus mematikan itu diketahui juga telah berhasil melumpuhkan perekonomian dunia yang berimbas dengan hilangnya pekerjaan banyak orang.

Kondisi memprihatinkan itu pun turut membuahkan situasi ekstrem lainnya, seperti halnya yang terjadi di Amerika Serikat dan Kanada.

Di sejumlah kota di dua negara tersebut, kini diketahui muncul sebuah gerakan untuk menolak bayar sewa.

Kampanye dengan nama 'Keep Your Rent' tersebut diinisiasi oleh orang-orang yang kehilangan pekerjaan usai pemerintah di negara mereka menerapkan lockdown.

Dilansir dari VICE, gerakan ini sesungguhnya merupakan aksi solidaritas untuk para pekerja yang mengajak mereka untuk nggak membayar sewa di bulan April mendatang.

Baca Juga: Saat Pandemi Coronavirus Ternyata Lagu 'Down With The Sickness' Disturbed Jadi Laku

Namun, diketahui bahwa gerakan itu juga menyuarakan permintaan kepada pemerintah untuk memberi mandat kepada para pemilik properti agar menahan sementara waktu penagihan bulan ini.

Sementara itu, diketahui bahwa telah lebih dari 3.000 orang bergabung dalam page Facebook kampanye 'Keep Your Rent' di kota Toronto, Kananda, sejak empat hari lalu.

Christopher Loose selaku juru bicara gerakan ini pun meyakini bahwa akan semakin banyak orang yang berpartisipasi dalam gerakan ini.

Jojo Murillo, salah seorang yang berpartipasi dalam gerakan ini, mengakui bahwa tagihan 820 dollar AS-nya bulan ini nggak bakal bisa terbayar dan memutuskan untuk ikut gerakan tersebut.

"Gue jadi paranoid dan gelisah. Apa yang bis gue lakuin sekarang? Gue baru aja ngeluarin uang buat belanja bulanan," ucap Murillo seperti dikutip dari VICE.

"Pilihannya sekarang adalah gue bayar sewa atau makan. Dan gue memilih untuk makan," lanjutnya.

Semoga di Indonesia nggak sampai kayak gini deh ya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest