Follow Us

Bupati Banyumas Bakal Pakai Ciu Jadi Bahan Hand Sanitizer

Bayu Galih Permana - Sabtu, 21 Maret 2020 | 10:33
Ilustrasi Hand Sanitizer
PIXABAY/RENATEKO

Ilustrasi Hand Sanitizer

HAI-Online.com - Sejak virus corona mewabah, sejumlah produk kebersihan mendadak langka di pasaran karena ditimbun oleh oknum-oknum nakal untuk mendapatkan keuntungan pribadi sebanyak mungkin, salah satunya hand sanitizer.

Berkaca pada kondisi tersebut, Bupati Banyumas, Achmad Husein mempunyai rencana untuk membuat hand sanitizer dari bahan baku minuman beralkohol ciu.

Langkah ini sendiri diambil karena warganya yang berada di Desa Wlahar, Kecamatan Wangon, Banyumas sebagian besar berprofesi sebagai perajin ciu, bahkan mampu menghasilkan sebanyak 2 ribu liter dalam satu hari.

"Daripada di sana untuk mabuk-mabukan," ujar Husein pada Jumat (20/3) kemarin, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Semangatin Orang Banyak, Selebriti Dunia Nyanyiin 'Imagine'-nya John Lennon di Tengah Lockdown Coronavirus

Sebelumnya, Husein mengaku pihaknya sudah melakukan uji coba sendiri membuat hand sanitizer menggunakan bahan dasar ciu yang dikombinasikan dengan gliserin dan hidrogen peroksida.

"Saya pakai gliserin untuk penghalus dan hidrogen peroksida, itu antiseptik," tambahnya.

Untuk merealisasikan ide pembuatan hand sanitizer dari bahan baku ciu tersebut, Bupati Banyumas nantinya bakal menggandeng Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek).

"Saya sudah koordinasi dengan Puspiptek untuk meningkatkan kadar alkohol antara 70 persen hingga 90 persen, lagi dibuatkan alatnya. Dalam waktu dekat sudah bisa direalisasikan," ungkap Husein.

Baca Juga: Karena Coronavirus, Boys Like Girls Tunda Konser Jakarta, Ini Jadwal Barunya

Setelah dapat memproduksi secara massal, ia akan membagikan hand sanitizer berbahan ciu tersebut secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest