Follow Us

Loading Game PS5 Disebut Bakal 100 Kali Lebih Cepet dari PS4

Ricky Nugraha - Kamis, 19 Maret 2020 | 14:22
Logo PS5
Sony

Logo PS5

HAI-online.com - Sony baru-baru ini membeberkan detail dan spesifikasi dari konsol PlayStation 5 (PS5) dalam presentasi Road to PS5 lewat video live-streaming.

Menurut Lead System Architect of Playstation 5, Mark Cerny, Sony akan menggunakan solid-state drive (SSD) sebagai media penyimpanan.

Ini sesuai dengan prediksi sejumlah analis, di mana SSD memang memiliki kecepatan baca dan tulis yang lebih cepat ketimbang hard disk drive (HDD).

Menurut Mark, hal ini akan menghilangkan instalasi dan loading game lama seperti yang masih ada di PS4.

Baca Juga: Bingung Mau Ngapain di Rumah? Nih, 5 Game Klasik yang Bisa Lo Mainin di Google Search

Ia mengatakan pada HDD, perangkat akan membutuhkan waktu baca selama 2 hingga 50 milidetik untuk memuat data sebesar 50-100 MB.

Sedangkan SSD memiliki performa 10 kali lebih cepat dibanding HDD. Bahkan untuk membaca sebuah game, cuma butuh waktu 2,7 detik.

"Pada hard disk, dua pertiga waktu dihabiskan untuk mencari lokasi data dan sisa waktu lainnya untuk memuat data. Total waktu 20 detik untuk memuat game. Ini dinilai terlalu lambat," ujarnya.

Ia pun menyebut bahwa PS5 akan dibekali dengan penyimpanan SSD internal berkapasitas 825 GB. Kapasitas ini masih bisa diperluas lagi karena Sony menyediakan slot SSD tambahan pada perangkat PS5.

Baca Juga: Karena Corona, Pokemon Go Bisa Dimainkan Tanpa Keluar dari Rumah

Sony pun tetap menyediakan port USB untuk menghubungkan perangkat dengan HDD eksternal yang kabarnya bisa digunakan untuk fitur backward compatibility di mana pengguna bisa memainkan game PlayStation 4 melalui HDD.

Konsol ini juga akan hadir dengan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) berkecepatan 3,5 GHz beserta prosesor grafis berbasis RDNA 2 milik AMD dan dibekali RAM 16 GB.

PS5 juga disebut telah mampu mendukung gambar baik pada resolusi 4K maupun 8K dan bakal bisa baca game dari piringan Ultra High Definition (UHD) Blue-Ray.

Meski begitu, Sony masih belum mengungkap wujud konsol ini secara resmi, yang berarti kita harus menunggu paling lama pada akhir tahun 2020 saat konsol ini dirilis.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest