Follow Us

Asosiasi Ojek Online Imbau Penumpang Bawa Helm untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Ricky Nugraha - Rabu, 18 Maret 2020 | 20:19
Ilustrasi ojek online.
KOMPAS.COM/RAJA UMAR

Ilustrasi ojek online.

HAI-online.com - Asosiasi pengendara ojek online (ojol), Gabungan Transportasi Roda Dua (Garda) Indonesia, mengimbau agar penumpang membawa helm pribadi saat menggunakan jasa ojek online.

Ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) yang saat ini makin merebak di Indonesia.

Seperti disebutkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona tersebut bisa menular melalui percikan droplet (liur) karena bersin dan batuk, serta mengenai obyek atau permukaan benda yang ada di sekitar penderita.

"Kami menyarankan untuk warga yang rutin menggunakan jasa ojol agar mulai membawa helm SNI pribadi. Gunakan tas khusus helm untuk membawa helm demi keamanan dan kenyamanan di tengah merebaknya virus corona," ujar Ketua Presidium Nasional Garda Indonesia, Igun Wicaksono, kepada Kompas.com.

Baca Juga: Amnesia Selama 30 Tahun, Ingatan Pria Ini Kembali Lagi Gara-gara Wabah Virus Corona

Langkah antisipasi ini disebut lebih baik karena bisa jadi penumpang lain yang menggunakan helm, batuk dan nggak sengaja percikan liurnya mengenai kaca helm atau bagian lain.

Ia juga memberikan 15 protokol kesehatan untuk ojol guna mengantisipasi penyebaran virus corona. Berikut daftarnya:

1. Gunakan masker kesehatan/bedah ataupun masker seni N-95.2. Upayakan menggunakan helm SNI berpenutup wajah.3. Gunakan sarung tangan bersih higienis.4. Gunakan atribut lengkap tertutup.5. Tutupi bagian leher dengan buff atau syal.6. Gunakan sepatu tertutup dan kaus kaki.7. Upayakan membawa hand sanitizer dan sabun cair mengandung antiseptik.8. Lindungi keluarga di rumah dengan menyiapkan disinfektan untuk mencuci atribut dan perlengkapan lain.9. Atribut ojol jangan langsung masuk ke dalam rumah, cuci dengan disinfektan.10. Upayakan rajin minum vitamin tambahan untuk menambah imunitas.11. Jaga kebersihan makanan dan minuman sehat.12. Rajin cuci tangan dengan sabun cair mengandung antiseptik.13. Hindari kontak dengan terduga Covid-19.14. Siapkan plastik atau kantong khusus untuk menyimpan uang kertas atau logam.15. Cek kesehatan jika mengalami gejala flu dan batuk.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest