Follow Us

Cuma Punya Chord yang Mirip, Lagu Led Zeppelin Diputuskan Nggak Langgar Copyright

Bagas Rahadian - Sabtu, 18 April 2020 | 14:00
Led Zeppelin
Led Zeppelin

Led Zeppelin

HAI-Online.com - Band rock legendaris Led Zeppelin untuk kesekian kalinya menang dalam sengketa terkait copyright lagu ikonik-nya yakni "Stairway to Heaven".

Band rock asal Inggris ini harus berhadapan dengan gugatan yang dilayangkan sesama koleganya di industri musik, yakni band Spirit.

Telah sejak 2014 lalu, Spirit mengklaim bahwa "Stairway to Heaven" mengandung unsur plagiarisme dari lagu Spirit yang berjudul "Taurus".

Namun, pengadilan ke-9 yang digelar di San Fransisco, Amerikas Serikat, telah menetapkan sekali lagi bahwa Led Zeppelin tidak melanggar copyright dari "Taurus", seperti dilansir dari NME.

Pada 2016 lalu, Led Zeppelin memperoleh kemenangan yang sama di pengadilan terkait tuduhan ini, sebelum akhirnya perwakilan dari gitaris Spirit, Randy California, kembali mengajukan tuntutan.

Baca Juga: Beri Penghormatan ke Led Zeppelin, Anak Cowok John Bonham Kembali Ikut Tur

Terkait gugatan tersebut, perwakilan Spirits, Michael Skidmore, menilai bahwa "Stairway to Heaven" memiliki progresi chord yang mirip "Taurus".

Selain itu, dia juga menyebut bahwa Led Zeppelin mendapat inspirasi dari pembuatan lagu "Stairway to Heaven" usai melangsungkan tur bersama Spirit.

Lagu ikonik "Stairway to Heaven" merupakan salah satu single terpopuler dari album keempat Led Zeppelin yang dirilis pada tahun 1971.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest