Follow Us

Fakta Menarik WR.Supratman dan Hari Musik Nasional, Ternyata Lagu Indonesia Raya Dibuat Karena...

Hai Online - Senin, 09 Maret 2020 | 20:25
WR.Supratman yang merupakan pencipta lagu Indonesia Raya
intisari online-grid.id

WR.Supratman yang merupakan pencipta lagu Indonesia Raya

Hai-Online.com - Waktu upacara 17 Agustus-an, pasti lagu wajib yang sering didnegar dan akhirnya ikut terbawa menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Sebagai lagu kebangsaan tanah air, Indonesia Raya selalu dinyanyikan sampai sekarang. Hal ini terangkum jelas dalam Undang-Undang No.24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya”.

Nah, karena itu juga nama Wage Rudolf Soepratman alias WR Soepratman dikenal sebagai pencipta lagu kebangsaan Republik Indonesia, Indonesia Raya.

Baca Juga: Hari Musik Nasional: Ada Lagu Buat Pemimpin Sombong, Ketahui Asal-usul 5 Lagu Daerah di Indonesia!

Buat yang beum tahu, untuk mengenang dan memberi apresiasi atas karya jasa WR. Supratman, pemerintah Indonesia pun membuat hari kelahiran WR Soepratman sebagai Hari Musik Nasional.

Nggak heran, kalo lagi pada baca tweet hari ini, Senin (9/3/2020) soal Hari Musik Nasional, pasti nggak jauh dari ucapan selamat ulang tahun juga untuk Pahlawan kita WR. Supratman.

Ada beberapa fakta menarik tentang WR.Supratman dan lagu Indonesia Raya:

1. Bikin Lagu dari Challenge!

Seperti yang kita tahu, pencipta lagu Indonesia Raya adalah Wage Rudolf Soepratman. Nah, suatu hari ia membaca sebuah tulisan di majalah Timbul.

Penulis tulisan itu menantang ahli-ahli musik Indonesia untuk menciptakan sebuah lagu kebangsaan.

Semangat nasionalisme yang tinggi ngebuat Supratman merasa tertantang. Selanjutnya, dua puluh satu tahun sebelum merdeka, yaitu pada 1924, lahirlah lagu Indonesia Raya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest