Follow Us

Yang Harus Lo Ketahui Soal Transisi Sekolah ke Dunia Kerja, Supaya Masa Depan di Genggaman

Transisi Sekolah ke Dunia Kerja
HAI

Transisi Sekolah ke Dunia Kerja

HAI-ONLINE.COM - Usia remaja nggak melulu soal pacar, gebetan, mantan atau sahabat, sob.

Sebagai remaja, kita juga harus memiliki pandangan tentang masa depan, termasuk apakah kita udah yakin dan mempersiapkan diri supaya bisa dapetin pekerjaan yang layak di masa depan.

Terkait masalah ini, HAI Online dan CewekBanget.ID telah melakukan survei pada 2.442 anak muda (471 cowok dan 1.971 cewek) di rentang usia 15-24 tahun dari beberapa kota di Indonesia.Dari survei tersebut, ditemukan bahwa 80,4% remaja percaya diri mendapatkan pekerjaan layak di masa depan karena mereka punya kompetensi atau keterampilan khusus.

Sedangkan 19,6% sisanya merasa nggak yakin mendapat pekerjaan yang layak di masa depan karena jumlah pencari kerja terus meningkat dan kompetensi mereka nggak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Kalau aku percaya diri karena nilai akademik yang lumayan bagus untuk menjamin masa depanku nanti,” ucap Theresia Ribka, Siswi SMK Waskito Pamulang, Jurusan Multimedia.

“Sempat nggak percaya diri karena enggak ada koneksi dan persaingan kerja semakin ketat,” papar Abiel Kristianto, Junior Arsitek, Alumni Universitas Tarumanegara.

“Kurang percaya diri karena persaingan kerja lebih banyak,” aku Silvia Wardatul, Mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta, Jurusan Jurnalistik.

Survei remaja
HAI

Survei remaja

Jumlah Angkatan Kerja

Bicara soal persaingan pencari kerja, data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan jumlah angkatan kerja pada Agustus 2019 sebanyak 133,56 juta orang, naik 2,55 juta orang dibanding Agustus 2018.

Sementara itu, angka pengangguran di Indonesia tahun 2018 mencapai 7 juta jiwa dengan 22,48% di antaranya adalah remaja berusia 15-24 tahun yang sedang tidak sekolah, bekerja, atau mengikuti pelatihan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest