Follow Us

Bahaya atau Nggak Sih Jika Knalpot Mobil Keluar Air? Ini Jawabannya!

HAI Internship - Selasa, 18 Februari 2020 | 08:04
Ilustrasi knalpot mengeluarkan air
hsrwheel.com

Ilustrasi knalpot mengeluarkan air

HAI-Online.com - Tiap pagi manasin mobil, sering merhatiin nggak sih kalo knalpot mobil kita ngeluarin air? Terus kalo air dari knalpot itu netes terlalu sering, normal nggak?

Kali ini HAI bakal bahas bahaya atau nggaknya air yang keluar dari knalpot itu. Seperti apa yang Anjar Rosjadi selaku Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) jelasin, ternyata itu sesuatu yang wajar kok.

Air itu keluar karena adanya perbedaan suhu saat mesin mobil dinyalain, jadi terjadilah kondensasi atau perubahan wujud benda yang keluar dari knalpot.

“Iya (mesin) normal, kalau kondisi suhu rendah dimungkinkan terjadi kondensasi di knalpot yang bisa menjadi titik air,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (16/2/2020).

Anjar juga bilang kalo kondensasi di temperature rendah itu hal yang alamiah. Dan juga masih berhubungan dengan keluarnya asap tipis dari knalpot.

Ilustrasi Knalpot mengelurakan asap tipis
autoevolution

Ilustrasi Knalpot mengelurakan asap tipis

“Terus terjadi asap putih ya karena air kondensasinya terkena panas di knalpot ketika mobil dinyalakan,” ucapnya.

Baca Juga: Viral Motor Modif Knalpot Depan Muka. Auto Kena Penyakit Paru-paru Nih

Untuk keluarnya air dari knalpot itu bahkan pertanda kalo mobil kit aitu dalam keadaan sehat dan nggak ada masalah di mesinnya.

Dan keluarnya air dari knalpot bisa juga disebabkan oleh adanya embun di dalam knalpot, karena sewaktu malam mobil pastinya didiamkan dan suhunya menjadi lebih dingin. Jadi sewaktu pagi dinyalakan, embun itu terdorong keluar dan munculah tetesan air.

Jadi hal itu wajar kok, jangan panik ya! Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Knalpot Mobil Keluar Air, Bahaya atau Justru Normal?"

(*)

Penulis: Syaharani Putri Allya

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest