Follow Us

Perhatiin, Ini nih yang Bikin Kampas Kopling di Motor Matik jadi Nggak Awet

Dok Grid - Kamis, 13 Februari 2020 | 20:30
Ilustrasi mengendarai motor matik
GridOto.com/Rian

Ilustrasi mengendarai motor matik

HAI-online.com - Kopling pada skuter matik (skutik) berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Jika kampas kopling matik mulai aus, tenaga yang disalurkan akan kurang maksimal dan kalau dibiarkan terus bisa menjadi masalah.

Kampas kopling ganda pada skutik alias motor matik memiliki umur pakai. Pada pemakaian normal, biasanya antara 24.000 km sampai 35.000 km sudah aus dan harus diganti kampasnya.

Namun, ada kondisi tertentu yang disebabkan oleh pengendara yang bisa mempercepat keausan dari kampas kopling skutik.

Baca Juga: Cowok Dipecat Setelah Video Mandi di Bak Cucian Restoran Viral di TikTok

Gofur, kepala mekanik Astra Motor Center Jakarta di Jalan Dewi Sartika, mengatakan, kalau pengendara sering menggantung rem belakang, pemakaian kampas kopling pada motor matik bisa lebih cepat aus.

“Menggantung rem itu ketika berkendara, rem belakang ditekan terus setengah, tanpa sadar, sambil motor jalan," ucap Gofur kepada Kompas.com.

"Perilaku yang seperti itu bisa mengurangi umur dari kampas kopling lebih cepat,” tambahnya.

“Logikanya motor digas tetapi ditahan, jadi kampas koplingnya selip, otomatis lebih cepat aus,” tambah Gofur.

Baca Juga: Spider-Man Indonesia Ini Peduli Sampah, Aksinya Disorot Media Luar

Mengingat fungsi kopling yang penting saat berkendara, lebih baik nggak menggantung rem belakang ketika motor digas.

Untuk harga suku cadang kampas kopling ganda skutik sendiri, mulai dari Rp100.000-an sampai Rp400.000-an, tergantung dari tipe motornya dan belum termasuk biaya pemasangan.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular