Follow Us

Pernah Ngerasa Terjatuh Saat Tidur? Ternyata Begini Penjelasannya

Ricky Nugraha - Jumat, 14 Februari 2020 | 21:05
Ilustrasi jatuh
Pixabay/Pexels

Ilustrasi jatuh

HAI-online.com - Kalian mungkin pernah ngerasain ketika lagi tidur nyenyak, kemudian kalian terbangun karena merasa terjatuh dalam mimpi dan badan yang biasanya basah oleh keringat.

Padahal, saat bangun masih aman-aman aja di tempat tidur dan mungkin kepikiran apa yang baru saja terjadi.

Nah, apa yang dialami ini biasa disebut hipnogogis, yang merupakan periode transisi antara tidur singkat dan tidur nyenyak.

Hipnogogis yang dalam istilah Inggris disebut hypnogogic jerk sebenarnya adalah kontraksi otot tak sadar yang dialami beberapa orang ketika tertidur.

Baca Juga: Jangan Buru-buru Bunuh Kelabang yang Ada di Rumah, Tenyata Ada Manfaatnya Lho

Dalam kondisi ini, sebagian orang akan mengalami sentakan ringan, sedangkan sebagian lainnya bisa cukup mengejutkan dan intens.

Penyebab pasti sentakan tersebut sampai saat ini masih belum jelas karena penelitian seputar itu masih terbatas.

Namun, ada banyak teori soal faktor-faktor yang mungkin melatar belakangi fenomena ini, sebab orang paling sehat pun mengalaminya.

Menurut sebuah studi di tahun 2016, sentakan hipnogogis ini terjadi secara acak dan mempengaruhi orang-orang dari segala usia.

Baca Juga: Viral Broom Challenge, Sapu Bisa Berdiri Cuma Hari Ini, Begini Penjelasannya!

Selain itu, para ahli dalam studi tersebut juga menemukan bahwa 60 hingga 70 persen orang mengalami sentakan hipnogogis, biasanya saat mereka akan tertidur.

Penting untuk diingat bahwa nggak ada yang perlu dikhawatirkan dari fenomena ini. Kemungkinan hal ini bisa menyebabkan komplikasi atau efek samping itu sangat kecil.

Source : World of Buzz

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest