Follow Us

Kapas Tertinggal dalam Telinga, Cowok Ini Hampir Kehilangan Pendengarannya

Bayu Galih Permana - Rabu, 05 Februari 2020 | 19:45
Neel Raithatha berupaya mengeluarkan kapas cotton bud di telinga pasien (kanan)
via Unilad

Neel Raithatha berupaya mengeluarkan kapas cotton bud di telinga pasien (kanan)

HAI-Online.com - Ada yang selama ini suka bersihin kotoran telinga pakai cotton bud? Kalau iya, kebiasaan tersebut nampaknya harus segera dihilangkan kalau nggak ingin mengalami hal serupa seperti yang dialami pasien dari seorang konsultan audiologi di Leicester, Neel Raithatha.

Seperti dilansir HAI dari UNILAD, salah satu pasien Raithatha baru-baru ini hampir saja kehilangan pendengaran karena membersihkan telinga menggunakan cotton bud.

Hal ini terjadi karena kapas dari cotton bud yang digunakan oleh si pasien untuk membersihkan telinga tertinggal dalam gendang telinga.

Ketika ditanya mengapa dia membersihkan telinga memakai cotton bud, si pasien mengatakan bahwa dia menderita Otitis Extitis dan melakukan hal tersebut guna menghilangkan rasa gatal serta iritasi yang dialaminya.

Baca Juga: Cerita Mahasiswa Indonesia yang Merasa Terasingkan Usai Pulang dari China, Dijauhi Keluarga hingga Jadi Omongan Tetangga

"Dia menderita Otitis Externa (radang saluran telinga eksternal) dan menggunakan cotton bud dalam upaya untuk menghilangkan rasa gatal dan iritasi yang dia alami," ujar Raithatha.

Beruntung, setelah melakukan sejumlah tindakan, Raithatha berhasil mengeluarkan kapas cotton bud tersebut dari gendang telinga si pasien.

Neel Raithatha berupaya mengeluarkan kapas cotton bud di telinga pasien
via Unilad

Neel Raithatha berupaya mengeluarkan kapas cotton bud di telinga pasien

Biar nggak salah dan bukannya membersihkan tapi malah membahayakan, mending simak dulu nih cara yang benar membersihkan telinga.

Daun Telinga

Bisa dilakukan kurang lebih dua hari sekali, basahi kapas atau kain bersih dengan air hangat yang dicampur baby oil, kemudian bersihkan secara perlahan.

Halaman Selanjutnya

Lubang Telinga
1 2 3

Source : Unilad

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest