Follow Us

Dapet Banyak Manfaat, Ini 5 Genre Musik yang Cocok Didengarkan Saat Olahraga

Bayu Galih Permana - Minggu, 26 Januari 2020 | 16:45
Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik.
PIXABAY/STOCKSNAP

Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik.

HAI-Online.com - Sering dilakukan, musik ternyata memang dapat memberikan banyak manfaat ketika didengarkan saat orang-orang tengah berolahraga.

Fakta ini sendiri terungkap melalui penelitian yang dilakukan Universitas New Hampshire, Inggris, di mana mendengarkan musik ketika berolahraga dapat membantu untuk meningkatkan performa orang-orang.

Selain itu, musik juga terbukti dapat meningkatkan suasana hati, efisiensi metabolisme, dan daya tahan sehingga mengalihkan pikiran dari rasa sakit serta kelelahan yang dialami saat berolahraga.

Sejalan dengan hal tersebut, riset yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One juga membuktikan bahwa musik dapat memperpanjang waktu dan meningkatkan intensitas berolahraga tanpa membuat cepat lelah.

Manfaat tersebut terjadi karena tempo dari alunan musik yang didengarkan saat olahraga juga merangsang area motorik otak untuk tahu kapan harus bergerak.

Baca Juga: Nggak Keurus, Potret Singa Kelaparan dan Kekurangan Gizi di Kebun Binatang Ini Bikin Sedih

Menariknya, temuan riset yang terbit dalam International Review of Sport and Exercise Psychology menjelaskan bahwa tiap jenis olahraga memiliki genre musik tersendiri yang cocok didengarkan, di antaranya:

1. Dance

Menurut penelitian, musik dance dengan bass yang cepat dan berirama cocok digunakan saat sedang melakukan latihan kekuatan yang cukup berat, seperti angkat beban.

2. Pop

Mempunyai ritme dan ketukan yang teratur, jenis musik satu ini cocok digunakan untuk olahraga lambat dengan tipe berulang seperti aerobik dan pendinginan.

Halaman Selanjutnya

3. Rock
1 2

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest