Follow Us

Ingin Tingkatkan Kualitas Kompetisi, AFC Bakal Terapkan VAR di Piala Asia U-23 2020 secara Penuh

Bayu Galih Permana - Jumat, 27 Desember 2019 | 16:35
Ilustrasi VAR
Sky Sports

Ilustrasi VAR

HAI-Online.com - Nggak seperti gelaran Piala Asia 2019 lalu, Federasi Sepak Bola Asia (AFC) baru-baru ini memberi konfirmasi bahwa pihaknya bakal menerapkan Video Assistant Referee (VAR) secara penuh dalam gelaran Piala Asia U-23 2020 mendatang.

Seperti dilansir HAI dari Kompas.com, kepastian mengenai penggunaan VAR secara penuh dalam Piala Asia U-23 2020 ini sendiri didapat melalui penyataan yang disampaikan oleh Presiden AFC, Shaikh Salman.

Salman menjelaskan, penggunaan VAR secara penuh dilakukan karena pihaknya bertekad untuk terus menjadi model dalam teknologi baru dan praktik terbaik di semua bidang pengembangan sepak bola.

"Sepak bola Asia sudah berkelas dunia. Kami bertekad untuk memastikan bahwa kami terus menjadi model dalam mengadopsi teknologi terbaru dan praktik terbaik di semua bidang pengembangan sepak bola," jelas Salman.

Baca Juga: Selalu Berlangsung Panas, Begini Cerita Di Balik Terciptanya Boxing Day di Liga Inggris

Selain itu, hadirnya VAR menurut Salman juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas kompetisi, serta memudahkan wasit dalam memberikan keputusan di atas lapangan.

"Itu adalah keputusan yang memamerkan ambisi AFC untuk terus meningkatkan kompetisi kami," terangnya menambahkan.

Salman meyakini, keputusan untuk menggunakan VAR akan membuat gelaran Piala Asia U-23 2020 berjalan sukses.

"Saya yakin bahwa kami akan membangun kesuksesan di Piala Asia U23 2020 di Thailand, dengan menghadirkan standar luar biasa dari wasit Asia," tutup Salman.

Baca Juga: Disinggung Soal Nggak Pernah Bawa Bendera Rusia ke Arena Octagon, Khabib Beri Jawaban Menohok

Sebelumnya, VAR juga pernah digunakan pada gelaran Piala Asia 2019 di Uni Emirat Arab awal Januari silam, namun dimulai dari babak perempat final.

Kalau kalian sendiri gimana sob? Termasuk yang menolak atau mendukung penggunaan VAR di Piala Asia U-23 2020? (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest