Follow Us

Diunduh 1,5 Miliar Kali, TikTok Jadi Aplikasi Paling Populer Kalahkan Instagram

HAI Internship - Rabu, 20 November 2019 | 20:50
Ilustrasi Instagram dan TikTok
HAI

Ilustrasi Instagram dan TikTok

HAI-Online.com - Kita semua pasti udah nggak asing lagi sama aplikasi yang namanya TikTok. Aplikasi berbasis video musik tersebut memang ramai digunakan terutama oleh anak-anak sekolahan.

Entah sekedar untuk seru-seruan bersama teman, atau memang niat membuat sebuah video musik dengan berbagai gerakan yang sudah disiapkan.

Nah, tahu nggak, ternyata sejak dirilis tahun 2016 lalu, aplikasi TikTok ini sudah di-download sebanyak 1,5 miliar kali baik dari Android maupun iOS.

Baca Juga: Kormo, Aplikasi Lowongan Kerja Baru, yang Cocok untuk Anak Muda!

Pada tahun 2019 ini. TikTok telah di-download sebanyak 614 juta kali. Angka tersebut membuat TikTok menduduki peringkat ke-tiga dalam kategori aplikasi non-game yang paling banyak di-download pada tahun ini. Bahkan posisi tersebut berhasil mengalahkan media sosial Instagram dan Facebook.

Facebook sendiri berada di peringkat keempat dengan dengan di-download sebanyak 587 juta kali dan Instagram di posisi kelima dengan jumlah dwonlaod 376,1 juta kali.

Sementara, menurut laporan Sensor Tower Analytics, posisi pertama dan kedua diduduki oleh WhatsApp dan Messeger.

Baca Juga: Potret Keren 800 Drone yang Mengudara Bersama Ngebentuk Ragam Angkutan Penerbangan

Nah, kok bisa? Sebenarnya, kenapa sih aplikasi asal China ini bisa sangat populer?

Mengutip Parentology, Menurut Social Media Strategist, banyak remaja yang menganggap bahwa dengan aplikasi TikTok ini, mereka bisa bebas mengekspresikan diri mereka sendiri.

Seperti halnya mereka bisa lipsync, membuat dance cover, ditambah dengan filter-filter menarik yang tersedia dalam aplikasi tersebut.

Terlebih, aplikasi TikTok yang sejak 2017 ini sudah bergabung dengan aplikasi Musical.ly, saat ini belum memiliki aplikasi saingan yang sepadan.

Nggak cuma untuk mengeskpresikan diri, TikTok juga digunakan remaja sebagai hiburan bersama teman-temannya.

Jadi, nggak heran kalau aplikasi ini sangat populer, sampai-sampai bisa mendapatkan 500 juta download-an hanya dalam waktu 9 bulan.

(Lubna Shafira/HAI)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest