Follow Us

Sukses di Usia Muda, Faktor Kecerdasan atau Keberuntungan?

HAI Internship - Senin, 11 November 2019 | 20:30
Risa Santoso, rektor termuda di Indonesia.
instagram/santosorisa

Risa Santoso, rektor termuda di Indonesia.

HAI-Online.com - Belakangan ini, muncul banyak sosok milenial yang ramai diperbincangkan di jagat sosial media.

Pasalnya, di usia yang masih terbilang muda tersebut, mereka berhasil meraih suatu pencapaian yang nggak biasa.

Sebut saja, Hillary Brigita yang di usia ke-23 tahunnya, sudah bisa duduk menjadi anggota DPR RI periode 2019-2014. Lalu ada Nadiem Makarim, mantan CEO Go-Jek yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, dengan usia 35 tahun.

Dan baru-baru ini, Risa Santoso yang menjadi rektor termuda di Indonesia di usia yang masih menginjak 27 tahun.

Nah, muncul lah berbagai respon terhadap sosok-sosok tersebut. Ada yang bangga, ada yang terinspirasi. Tapi, nggak sedikit juga orang yang minder, apalagi jika usianya sepantaran.

"Umur gue sama dia nggak beda jauh, tapi kok dia udah sukses ya? gue masih gini-gini aja."

Baca Juga: Ngiler Lihat Foto di Instagram, Pria Ini Tempuh Lebih dari 9.600 Km untuk Makan Nasi Lemak Langsung di Malaysia

Sebenarnya, rahasia orang sukses di usia muda itu apa sih? Banyak yang menjawab, kalau ingin sukses pastinya ya harus bekerja keras, pintar, terampil, punya mental yang kuat, dan hal-hal positif lainnya.

Tapi, tahu nggak? Menurut Scientific American (1/2/2018), orang yang punya bakat, keterampilan, sampai kecerdasan, nggak selalu menjajikan kesuksesan loh.

Para ilmuwan mempercayai kalau hal yang paling berperan paling besar dari itu semua adalah "keberuntungan"

Melansir Kompas.com, hal ini pun sudah dipelajari oleh seorang psikolog University, Scott Barry Kaufman. Ia mempelajari karakteristik psikologis yang dapat memengaruhi kesuksesan seseorang.

Baca Juga: Nggak Cuma di China, Ikan Berwajah Manusia Ternyata Juga Pernah Ditemukan di InggrisMelalui jurnalnya yang berjudul "Talent vs Luck: the role of randomness in success and failure," para ahli menyebut kalau keberuntungan punya peran yang penting dalam mencapai kesuksesan.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest